Archive Pages Design$type=blogging

Kode Etik Mahasiswa, Masih Perlukah?




UIN Jakarta, INSTITUT - Sebagai universitas yang membawa nama Islam, seharusnya mahasiswa UIN Jakarta mengerti kenapa ada kode etik yang dilaksanakan. Memang cukup berat mematuhi kode etik, apalagi yang terkait tata cara berpakaian. Namun, hal tersebut pasti memiliki tujuan dan akan berguna untuk mahasiswa ke depannya.

Itulah yang dipaparkan Nur Azizah, mahasiswi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK). Ia juga menambahkan, mematuhi kode etik memang membutuhkan kesadaran yang datang dari dalam jiwa mahasiswa sendiri. “Jika masih banyak pelanggaran, maka kesadaran mahasiswa tentang kode etik kurang,” katanya.

Berbeda dengan Azizah, Muhammad Iqbal, mahasiswa FITK menganggap kode etik yang berlaku tidak penting karena tidak menguntungkan mahasiswa, dosen, dan unsur lain di fakultasnya. Baginya, peraturan yang harus diikuti adalah peraturan yang memberi keuntungan untuk pengikutnya.

Sama halnya dengan Iqbal, Intan Widhyastuti, mahasiswi Fakultas Ilmu Dakwah Dan Ilmu Komunikasi (FIDIKOM) menyayangkan adanya kode etik. Menurutnya, mahasiswa harusnya sudah mengerti bahwa kita memang ada di kampus yang bernuansa Islam, jadi tidak perlu dibuat kode etik.

Ia juga mengatakan, kode etik yang berlaku di fakultasnya tidak diberlakukan dengan baik. Pasalnya, jika ada yang melanggarpun tidak ada sanksi yang jelas.  Imam Febrian, mahasiswa Fakultas Adab Humaniora (FAH) juga menjelaskan, secara kontekstual peraturan itu ada tapi sosialisasi tentang kode etik di fakultasnya tidak ada.

Menurut Shifa Fauziah, mahasiswi FITK justru mengatakan, seharusnya UIN juga menyesuaikan kembali kode etik yang berlaku, jangan disamaratakan semua, karena setiap fakultas berdeda. Shifa juga berpendapat jika setiap fakultas memilik aturan berbeda, aturan tersebut akan lebih sesuai dengan mereka.

Ja’far Sanusi membenarkan, dalam kode etik yang baru direvisi, seharusnya memang fakultas yang berperan aktif dalam menegakkan kode etik yang sudah dibuat. “Peran dekanat sangat besar untuk hal ini. Jika ada pelanggaran berat, maka yang akan disalahkan adalah fakultas. Kenapa tidak menegakan kode etik dengan benar?” tutur Ja’far.

Ia juga mengatakan, kemahasiswaan hanya berperan teknis dalam perevisian kode etik, sedangkan yang mengatur semuanya adalah rektorat. “Dalam uji publik, kami (pihak rektorat dan dekanat seluruh fakultas) sudah melibatkan elemen mahasiswa bahkan alumni juga ikut kami libatkan,” ungkap Ja’far.

Menurut Ja’far, kode etik tetap diperlukan oleh mahasiswa UIN. Sebagai universitas Islam yang harus mengedepankan akhlak yang baik tentu dengan adanya kode etik dapat membuat mahasiswa mengerti kemana arah yang dituju.

Ja’far juga menambahkan, rektorat saat ini sedang memproses pembuatan buku saku kode etik. “Secara tekstual, buku ini sudah ada dan sedang dalam pemeriksaan untuk kemudian dicetak dan diberikan pada seluruh mahasiswa baru,” imbuh Ja’far.

Dengan buku saku yang akan dirilis ini Ja’far mengharapkan agar mahasiswa dapat mematuhi semua kode etik yang ada, karena kode etik ini dibuat juga untuk kebaikan mahasiswa sendiri. (Nida Ilyas)
Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Kode Etik Mahasiswa, Masih Perlukah?
Kode Etik Mahasiswa, Masih Perlukah?
https://3.bp.blogspot.com/-BUX47z4c_Bg/UPuBzJo4vyI/AAAAAAAABHc/N8pdgLNOkGk/s400/kode+etik.JPG
https://3.bp.blogspot.com/-BUX47z4c_Bg/UPuBzJo4vyI/AAAAAAAABHc/N8pdgLNOkGk/s72-c/kode+etik.JPG
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/07/kode-etik-mahasiswa-masih-perlukah.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/07/kode-etik-mahasiswa-masih-perlukah.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago