Archive Pages Design$type=blogging

KMM RIAK Pertahankan Musik Klasik


Pagelaran konser baik asing maupun lokal di Ibukota semakin menjamur. Dalam sebulan rata-rata ada lima hingga sepuluh konser yang digelar. Angka itu belum termasuk konser yang didatangkan khusus promotor ternama.

Namun, dari kebanyakan konser yang digelar hanya mengusung musik-musik bergenre Pop, Jazz, Rock, atau K-Pop yang sedang digemari di tanah air. Sedikit sekali konser yang mengusung musik dengan komposisi yang memiliki keindahan serta intelektual tinggi. Seperti musik klasik Simfoni mozart, Johan Sebastian Bach, dan karya musisi lainnya pada abad 20 saat ini sudah mulai ditinggalkan pendengaranya karena dianggap kuno.

Oleh kerena itu, KMM Riak menggelar Komposi Musik Progeni (KOSMOGENI) yang bertajuk Classic Castle untuk mempertahankan musik klasik. KMM Riak memang kerap megusung tema-tema klasik, KOSMOGENI 1 Classic New Custom dan KOSMOGENI 2 The Gate of Classical Era.
“Musik klasik ini sangatberbeda dengan musik bergenre lainnya. Selain itu musik klasik juga memiliki banyak manfaat jika dikaitkan dengan perkembangan intelektual manusia,” papar Gustia Rahma, Ketua Pelaksana KOSMOGENI 3.

Mereka membuka penampilan dengan musik Air On A G String dengan karakter musik yang sedikit keras ditandai gebukan drum yang menggebu. Selain musik klasik yang terdengar sedikit keras ada pula musik beralunan lembut, Speak Sofly Love dan Dies Irae, musik energik yang mampu membuat penonton menyatu dalam acara tersebut.

Rentetan bunyi dari maisng-masing alat musik melebur jadi satu. irama yang bersemangat turut mengundang tepuk tanggan penonton yang datang. Suasana pun semakin meriah. Terbukti memang animo penikmat musik ini cukup kuat, pengaruh musik klasik malam pagelaran KOSMOGENI 3 seakan merasuki jiwa para penonton.

Setelah membewakan lagu-lagu tersebut, mereka juga menampilkan solo performe. Masing-masing membawakan musik klasik dengan baik nan memukau, hingga membuat penonton terpaku pada penampilan mereka.

Suasana di Aula student senter SC saat itu semakin meriah ketika disuguhi penampilan teater komedi yang dipersembahkan oleh Teater Syahid. Teater berkonsep sebuah kerajaan itu  membuat suasana semakin kental dengan aroma klasik.

“Kami mencoba menampilkan teater di sela-sela pertunjukan musik supaya penonton juga tidak bosan,” ucap Gustia dengan ramah. ia memaparkan, tujuan panggung KOSMOGENI merupakan ajang pembuktian musikalitas calon anggota KMM RIAK sebagai tahap yang harus dilewati dari calon anggota menjadi anggota.

Meski begitu, acara ini disambut baik oleh penonton kala itu, salah satu yang ikut terhanyut dalam suasana klasik adalah Fitri Indrayati. Menurutnya, acara yang ditampilkan sangat bagus dan temanya pun cukup menarik serta berani melawan arus dengan kondisi saat ini. “Jarang banget yang bikin konser klasik. Kebanyakan konser-konser yang sudah kekinian,” jelasnya diiringi senyuman manis. Ia menambahkan, walaupun temanya klasik yang selalu berimage membosankan, tapi mereka bisa mengemasnya dengan baik. “Gue sangat menikmati dan tidak membosankan,” Sabtu, (30/6). (Nur Azizah)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: KMM RIAK Pertahankan Musik Klasik
KMM RIAK Pertahankan Musik Klasik
http://2.bp.blogspot.com/-D-kCC9Ozen0/UPqdXAWScvI/AAAAAAAABCk/XjK7x3_tVas/s400/progeni+10+kmm+riak+sedang+membawakan+musik+klasik+speak+softly+love+dalam+acara+kosmogeni+3+aula+student+center+scsabtu+30-6.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-D-kCC9Ozen0/UPqdXAWScvI/AAAAAAAABCk/XjK7x3_tVas/s72-c/progeni+10+kmm+riak+sedang+membawakan+musik+klasik+speak+softly+love+dalam+acara+kosmogeni+3+aula+student+center+scsabtu+30-6.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/07/kmm-riak-pertahankan-musik-klasik.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/07/kmm-riak-pertahankan-musik-klasik.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago