Archive Pages Design$type=blogging

Kekuasaan Islam Tinggal Sejarah



Judul         : Apa yang Salah? Sebab-sebab Runtuhnya Khilafah dan Kemunduran Umat Islam
Penulis     : Bernard Lewis
Penerbit   : P.T Ina Publikatma
Softcover :  210 halaman
Bahasa  : Indonesia
ISBN  : 979-98485-1-2

Selama berabad-abad, Islam pernah menempati posisi yang sangat penting dalam peradaban dunia, baik dalam hal kekuatan militer maupun ekonomi. Islam juga pernah menjadi pelopor dalam dunia seni dan ilmu pengetahuan.

Saat bersamaan, umat Kristen Eropa yang berada jauh dari negara-negara Islam, mengalami masa kegelapan, disebut dengan perilaku barbar. Masa itu Barat jauh dari prilaku yang menurut Islam tidak pantas untuk dicontoh.

Posisi Kristen memang dianggap penting oleh Islam karena bisa menjadi pesaing satu-satunya bagi Islam. Namun, Islam merasa kekuatan Barat bukanlah ancaman, karena saat itu Kristen masih jauh tertinggal dengan Islam.

Namun, semuanya berubah ketika kekuatan Barat mulai berkembang. Mereka mulai meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi tanpa sepengetahuan Islam. Lambat laun kebudayaan Islam pun mulai tertinggal dari Barat.

Dalam buku ini, sang penulis, Bernard Lewis mengupas semua reaksi umat islam, ketika menyadari ketertinggalannya. Lewis menggambarkan dengan gamblang kemunduran umat Islam dan sebab-sebab runtuhnnya Khilafah.

Selain itu, kegamangan budaya Islam sekarang juga digambarkan jelas. Bagaimana cara Barat menguasai hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat termasuk pribadiannya. Lewis juga menjelaskan, perbedaan yang mencolok antara budaya Barat dan budaya Timur.

Lewis, seorang Guru Besar dalam bidang kajian Timur, juga memaparkan perbandingan yang berkaitan dengan persoalan Kristen dan Islam. Misalnya, musik dan seni,  posisi perempuan serta jam dan kalender.

Buku ini juga membeberkan prestasi-prestasi gemilang yang digapai Islam selama berabad-abad. Kejayaan islam bukanlah tanpa bukti, Islam menciptakan peradaban dunia yang mencakup semua etnis, ras, dan bangsa bahkan antar benua.

Kemunduran yang dialami umat Islam, merupakan dampak yang masih terasa hingga  saat ini, khususnya di Timur Tengah. Hal ini menjadi faktor utama terjadinya perselisihan antar negara Arab.

Buku yang diterjemahkan dari judul asli What Went Wrong? ini menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Buku ini dapat menjadi kritikan dan motivasi bagi umat Islam untuk terus berbenah diri.

Tidak hanya menjadi bahan kajian sejarah, peristiwa ini dapat dijadikan pembelajaran bagi umat Islam. Terutama menyelesaikan konflik-konflik dalam ‘tubuh’ masyarakat Islam sendiri.
Buku ini bisa memberi jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang umat muslim lontarkan tentang penyebab kemunduran Islam. Layaknya judul dari buku ini Apa yang Salah?. Entah apa yang salah dengan umat Islam. (Karlia Zainul)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Kekuasaan Islam Tinggal Sejarah
Kekuasaan Islam Tinggal Sejarah
https://1.bp.blogspot.com/-cydmEPIf-ys/UPUHEri7yZI/AAAAAAAAAO0/VbB4LXUbDLs/s320/resensi+buku+1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-cydmEPIf-ys/UPUHEri7yZI/AAAAAAAAAO0/VbB4LXUbDLs/s72-c/resensi+buku+1.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/07/kekuasaan-islam-tinggal-sejarah.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/07/kekuasaan-islam-tinggal-sejarah.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago