Archive Pages Design$type=blogging

Keberadaan Homoseksual Kian Eksis

Keberadaan kaum homoseksual, baik  lesbi ataupun gay masih belum dapat diterima di tengah-tengah masyarakat, karena masyarakat masih menganggap gay dan lesbi merupakan suatu penyakit yang harus disembuhkan, sehingga banyak kaum homoseks yang menutup diri di tengah masyarakat. 

Namun, dewasa  ini aktivitas kaum lesbi dan gay kian eksis dan teraba. Mereka sudah tidak malu-malu lagi untuk menunjukan identitas diri sebagai “penganut” homoseksual.  Tidak hanya itu, komunitas gay dan lesbi pun kian marak di Indonesia. Mereka hadir dari berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, atau Web yang sengaja mereka buat untuk mewadahi para homoseks. Selain itu para homoseks juga menunjukan keberadaannya melalui perkumpulan yang rutin digelar di suatu tempat, misalnya Kota Tua.

Salah satu kaum homoseks, Luthfi Sandi Septian yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Homo (Himaho) se-Bandung, ia mengaku eksistensi kaum gay saat ini sudah banyak dan mendominasi, namun banyak orang yang belum tahu akan hal itu.“Hampir di seluruh daerah ada komunitas homo atau lesbi dengan jumlah yang tidak sedikit,” tambahnya.

Senada dengan Luthfi, Tias Sasmita yang tergabung dalam Komunitas Lesbi (Koleb) berpendapat, jumlah lesbi di Kota Tua sendiri semakin bertambah. Menurutnya, salah satu faktor meningkatnya keberadaan homoseks karena mereka sudah tidak nyaman untuk menutup-nutupinya. “Kita sudah nggak malu untuk mengakui diri sebagai homoseks, yang penting kita senang dan tidak merugikan siapa-siapa,” jelasnya ketika ditemui di kawasan Kota Tua, Jakarta, Sabtu (23/6).

Menanggapi keberadaan homoseks yang kian menjamur, Abdul Mujib, Guru Besar Fakultas Psikologi UIN Jakarta menjelaskan, eksistensi seseorang atau kelompak diakibatkan kerena adanya keinginan untuk diakuai di mana mereka tinggal. Selain itu mereka juga ingin menunjukan bahwa mereka ada dalam lingkungan masyarakat.

Ia menganalogikan fenomena tersebut dengan acara yang disajikan stasiun televisi, dimana seorang pria yang berpenampilan seperti wanita dan sebaliknya, justru diapresiasi oleh penonton. Artinya perilaku-perilaku penyimpangan seks sekunder (dalam berpakaian dan tingah laku) mulai diterima di masyarakat.

Ketika penyimpangan seks sekunder sudah  tidak segan-segan ditampilkan di televisi. Maka jangan salahkan jika akhirnya penyimpangan seks primer (homoseks) berani untuk menunjukan eksistensinya.

Selain itu, masyarakat sudah mulai menyambuat keberadaan homoseksual dengan menyediaan fasilitas yang mendorong eksistensi mereka. Misalnya acara khusus homoseks yang sengaja digelar oleh beberapa hotel berbintang. Dari sinilah, mereka merasa bahwa masyarakat sudah menerima dan pada akhirnya mereka mulai berani memblow up diri mereka ke masyarakat.

Walaupun demikian, “Seharusnya para kaum homoseksual kembali pada kodratnya masing-masing, karena Allah telah memasang-masangkan semua makhluknya dan bagi siapa yang menyimpang dari kodrat Allah, maka Dia akan memberi azab pada mereka,” tegas Mujib, Senin (25/6). 

Nur Azizah

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Keberadaan Homoseksual Kian Eksis
Keberadaan Homoseksual Kian Eksis
https://2.bp.blogspot.com/-_yFXq5mucWQ/UPfrVdbnB-I/AAAAAAAAAv0/NobfDsNKvbw/s400/homo.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-_yFXq5mucWQ/UPfrVdbnB-I/AAAAAAAAAv0/NobfDsNKvbw/s72-c/homo.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/07/keberadaan-homoseksual-kian-eksis.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/07/keberadaan-homoseksual-kian-eksis.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago