Archive Pages Design$type=blogging

Jejak KHI Membangun Nasionalisme




Kepulauan Seribu, INSTITUT -  “Untuk menghancurkan suatu bangsa, hilangkan ingatan mengenai sejarah dan budaya pada pemudanya. Bangsa yang kehilangan ingatan sejarah dan budaya, akan kehilangan jati dirinya,” tegas Asep Kambali, saat menyampaikan kepada peserta Historical Island Adventure di Pulau Kelor, Kepulauan Seribu, Jakarta pada Minggu (24/6) lalu.


Pernyataan tersebut sama seperti fenomena pemuda-pemudi di Indonesia saat ini yang kurang menyukai sejarah, budaya, dan enggan untuk berkunjung ke museum. Atas dasar itulah pada 22 Maret 2003, Asep  membentuk sebuah  Komunitas Historia Indonesia (KHI).


Visi dari kegiatan KHI ini membangun nasionalisme Indonesia. Sedangkan untuk misinya berupa program-program kebudayaan yang mengandung unsur rekreasi, edukasi, dan entertainment.


Menurutnya, dengan menyajikan sejarah secara ringan, renyah, dan mudah dimengerti, akan lebih disukai oleh banyak kalangan, terutama generasi muda. Ia percaya bahwa dengan pembicaraan dan pembelajaran mengenai sejarah yang dilakukan generasi muda akan menyenangkan.


KHI merupakan komunitas yang berdiri sendiri dan independen, tanpa ada campur tangan pemerintah apalagi partai. Sejak komunitas ini didirikan sampai dengan sekarang. Anggota yang terdaftar sudah mencapai 23.000 orang. Anggota komunitas tersebut bukan hanya berasal dari Indonesia saja, tetapi juga dari Sidney, Australia, Jerman, Jepang, Kanada, dan Belanda, pusatnya di Jakarta.


Di Indonesia, anggota komunitas ini terdiri dari pelajar, mahasiswa, pekerja, bahkan ibu rumah tangga juga turut bergabung di dalamnya. Anggota KHI ini terbagi menjadi kru atau volunter serta anggota lain yang hanya hadir pada acara pun dinyatakan sebagai anggota, sehingga siapapun yang ingin belajar sejarah bisa bergabung dalam acara-acara yang diadakan oleh KHI.


Albertus Agung Sugianto, anggota KHI mengatakan, senang dalam mengikuti acara-acara yang diadakan oleh KHI, selain bisa jalan-jalan juga bisa mendapatkan ilmunya. Acara yang pernah diadakan oleh KHI adalah napak tilas ke Kampung Arab, Pecinaan, Taman Kota Pertama Menteng, dan Wisata Kota Tua di Jakarta.


Selama menjadi anggota KHI pada tahun 2012, agung, menyampaikan, tidak ada dukanya selama bergabung dengan KHI. Ia malah mendapatkan pengetahuan baru, pengalaman baru, teman baru, dan banyak hal yang baru ia temui. Biasanya KHI berkumpul bersama di daerah kampung Melayu, Cengkareng, dan museum-museum.


Bagi Azizah Nida Ilyas yang baru saja ikut serta dalam acara KHI menyampaikan bahwa acara tersebut telah memberikan banyak manfaat. Selain itu, acara mempelajari pulau-pulau yang bersejarah dapat menjelajahinya dengan santai seperti Pulau Onrust, Pulau Cipir, dan Pulau Kelor tersebut dikemas sangat menarik.


Nida yang sebelumnya pernah berlibur ke Pulau Onrust menceritakan, kalau ia dahulu hanya mengetahui sejarah pulau tersebut secara garis besarnya saja, tetapi ketika mengikuti acara dari KHI ini, ia menjadi tahu lebih mendalam tentang sejarahnya. (Dewi Maryam)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Jejak KHI Membangun Nasionalisme
Jejak KHI Membangun Nasionalisme
http://2.bp.blogspot.com/-p6TkydlDJxw/UPamL0WrgmI/AAAAAAAAAfU/LGN7hj3nGv8/s400/Jejak+KHI+Membangun+Nasionalisme.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-p6TkydlDJxw/UPamL0WrgmI/AAAAAAAAAfU/LGN7hj3nGv8/s72-c/Jejak+KHI+Membangun+Nasionalisme.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/07/jejak-khi-membangun-nasionalisme.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/07/jejak-khi-membangun-nasionalisme.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago