Archive Pages Design$type=blogging

Evolusi Hukum Indonesia dengan Hukum Integratif



Pendidikan hukum di Indonesia mengalami kekeliruan karena tidak pernah mengevaluasi pengetahuan yang dimiliki dengan mengadopsi hukum barat. Pengaruh kepentingan asing jauh memasuki relung kehidupan rakyat Indonesia yang menerimanya tanpa filterisasi sebagai negara berdaulat.

Hal tersebut diungkapakan penulis buku Teori Hukum Integratif (Rekontruksi terhadap teori hukum pembangunan dan hukum progresif) Romli Atmasasmita dalam seminar bedah buku yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Syari’ah dan Hukum (FSH), Rabu (18/7).

Bertempat di aula Student Center UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, menghadirkan pembicara, Guru Besar Fakultas Hukum (FH) Universitas Padjajaran Romli Atmasasmita, Guru Besar FSH Tahir Azhari,  Pembantu Dekan (Pudek) III bidang Kemahasiswaan JM. Muslimin, Dosen Universitas Indonesia Neng Djubaedah dan Dosen FH Universitas Pelita Harapan Agus Budiyanto.

Lebih lanjut mengenai integrasi hukum Indonesia Romli Atmasasmita menjelaskan, dunia hukum berbeda jauh dengan apa yang ada pada kenyataan, menurutnya apakah Plato dan Socrates berbohong, “Apakah hukum adalah keadilan dan apakah hukum bermanfaat?” ujarnya (18/7).

Ia menjelaskan, akademis  yang ingin mengamalkan hukum dengan keadilan malah menjadi korban terhadap hukum itu sendiri. Menurutnya, di Indonesia tidak mungkin bicara apa adanya, apalagi bukan pemilik kekuasaan.

Menurutnya, hukum terdiri dari sistem norma, sistem perilaku dan sistem nilai yang ketiganya jika tidak berpegang teguh terhadap nilai pancasila menjadi omong kosong semata, “hukum harus bisa merubah birokrasi,” tutur Romli. Senada dengan Romli, Neng Djubaedah mengatakan hukum sebagai sistem nilai bersumber pancasila, ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kerentangan sosial dan budaya menuntut revitalisasi pancasila yang tidak terelakan sebagai sistem nilai tertinggi dalam bangunan piramida bagi sistem hukum,” ujarnya. Tujuannya untuk melindungi agama, jiwa dan akal.

Lebih lanjut ia menambahkan, sistem hukum di Indonesia sangat mendesak mengingat penguatan liberalisme dan kapitalisme yang telah mempertaruhkan kebendaan semata yang akan menjauhkan bangsa Indonesia dari agama dan implisit moralitas individual dan sosial.

Terkait dengan hal tersebut, Rembulan Rahmadia Fitri, mahasiswi FSH, selaku panitia pelaksana acara menyampaikan, acara ini bertujuan sebagai penambah ilmu pengetahuan kepada mahasiswa secara keseluruhan

Selain itu, acara ini juga memberikan kontribusi pemikiran evolusioner teori hukum yang sudah dinanti untuk mengganti teori hukum lama yang mendominasi hukum yang telah  dipakai di Indonesia. (Gita Nawangsari)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Evolusi Hukum Indonesia dengan Hukum Integratif
Evolusi Hukum Indonesia dengan Hukum Integratif
http://4.bp.blogspot.com/-yhMNXdJU-oQ/UPUCgmDTGeI/AAAAAAAAAN4/TAH-bsJlZrw/s400/hukum.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-yhMNXdJU-oQ/UPUCgmDTGeI/AAAAAAAAAN4/TAH-bsJlZrw/s72-c/hukum.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/07/evolusi-hukum-indonesia-dengan-hukum.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/07/evolusi-hukum-indonesia-dengan-hukum.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago