Archive Pages Design$type=blogging

Ennichisai, Festival Musim Panas di Blok M


Ennichisai, festival seni dan kuliner Jepang kembali digelar di kawasan Blok M, Jakarta Selatan. Pameran Budaya Jepang ini diadakan setiap tahunnya sejak 2011 lalu. Pengunjung dari berbagai daerah di Jakarta pun memadati festival.

“Arigato Kokoro no Tomo” atau  “Terima Kasih Teman Sejati” menjadi tajuk dari  Ennichisai ke-2 ini. Dengan mengusung konsep festival musim panas atau pasar malam, acara ini menjadi semakin menarik. Sinar lampion-lampion yang tergantung menambah hangat suasana layaknya merayakan musim panas di Jepang.


Para cosplayer mengenakan busana-busana bergaya anime, tokoh kartun Jepang. Ada pula yang berpakaianYukata dan Hakama, busana tradisional masyarakat Jepang. Serta gaya-gaya pakaian harajuku.

Tidak hanya soal busana saja, Ennichisai juga menyuguhkan demo masak kue Mochi, dipandu langsung oleh orang Jepang. Berbagai macam stan makanan dan minuman asal Jepang seperti Takoyaki, Okonomiyaki, Teh Hijau dan lainnya.

Ada pula stan yang khusus menjual barang-barang khas Jepang seperti baju tradisional, sandal kayu, topeng-topeng tokoh anime, dan lainnya. Selain itu, ada pula pemutaran film, mini drama, konser lagu-lagu Jepang dan sound track anime. Girl Band JKT 48 juga turut berpartisipasi dalam memeriahkan acara ini.

Berbagai macam lomba pun diadakan, seperti lomba makan ramen dan janken atau suit khas Jepang dengan gerakan tangan membentuk gunting, kertas, dan batu. Hampir 150 orang berartisipasi dalam lomba janken ini, namun hanya lima orang yang dapat menjadi pemenang.

Suguhan  Nihon Buyou (tarian tradisional klasik Jepang) dan Taiko (gendang khas Jepang) juga ikut memeriahkan festival ini. Nihon Buyou yang ditampilkan terdiri dari tari Yosakoi, tarian yang menggunakan kayu yang ditepuk-tepuk, tari Awa Odori, tarian yang digunakan untuk memperingati arwah orang meninggal, dan Eisa Okinawa, tarian yang dibawakan sambil menggunakan taiko.


Tak kalah menarik, arak-arakan Dashi dan Mikoshi juga mengundang perhatian para pengunjung Dashi atau gerobak besar dengan atap seperti kuil yang di dalamnya terdapat gendang besar dan kecil untuk ditabuh.


Uniknya, para penabuh gendang ini adalah anak-anak perempuan.  Pengunjung Ennichisai pun sangat antusias saat melihat Dashi diarak mengitari kawasan Little Tokyo, kawasan pertokoan Blok M.


Sedangkan Mikoshi adalah kuil kecil yang digotong oleh banyak orang. Mikoshi yang diarak dibagi menjadi dua, yaitu mikoshi yang diangkat oleh wanita dan pria.  Pada mikoshi yang dianggkat oleh pria ada dua orang penari wanita yang berdiri di samping mikoshi.


Setelah arak-arakan dua mikoshi, dilanjutkan dengan pertunjukan kembang api  yang cukup meriah. Pesta kembang api yang memperindah langit malam. Pesta ini sekaligus menutup acara Ennichisai tahun ini.


Bagi Khusyairi atau Ucha, salah satu pengunjung Ennichisai, festival tahun ini sangat mengesankan dan dengan berbagai macam acara ini membuatnya sangat terhibur. “Kalau acara ini jadi acara tahunan, kayaknya nggak cukup cuma dua hari,” tuturnya dengan tawa.  (Nida Ilyas)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Ennichisai, Festival Musim Panas di Blok M
Ennichisai, Festival Musim Panas di Blok M
https://3.bp.blogspot.com/-Mu4wsPi2Woo/UPuH95FyT_I/AAAAAAAABII/ImOVQv3kJSA/s400/enichisai.JPG
https://3.bp.blogspot.com/-Mu4wsPi2Woo/UPuH95FyT_I/AAAAAAAABII/ImOVQv3kJSA/s72-c/enichisai.JPG
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/07/ennichisai-festival-musim-panas-di-blok.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/07/ennichisai-festival-musim-panas-di-blok.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago