Archive Pages Design$type=blogging

Dosen UIN Dituduh Plagiat




UIN Jakarta, INSTITUT– Mantan Kepala Jurusan (Kajur) Farmasi, Muhammad Yanis Musdjah, merasa kecewa atas tuduhan yang dialamatkan kepadanya terkait plagiat. Tuduhan ini ditinjau dari  hasil penelitian Yanis yang tidak mencantumkan sumber skripsi mahasiswa bimbingannya.

Saat dihubungi INSTITUT via telepon, Jumat (29/6).Yanis memberikan pembelaan, dirinya tidak melakukan plagiat melainkan mengadakan penelitian yang melibatkan skripsi mahasiswa. Guna menjadikan akreditasi  Jurusan Farmasi UIN Jakarta lebih bagus.
Yanis menegaskan, pengambilan bahan skripsi mahasiswa yang ia bimbing,  sebatas penelitian yang bertujuan untuk membuat akreditasi UIN Syarif Hidayatullah menjadi lebih baik khususnya Jurusan Farmasi. ”Sebagai ketua farmasi, saya dituntut untuk melakukan banyak penelitian yang melibatkan mahasiswa, di mana akhirnya saya dituduh melakukan plagiat,” ungkapnya.
Ia juga menambahkan, hal ini terjadi tidak terlepas dari moral standar 7 akreditasi perguruan tinggi oleh Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). Di dalamnya menjelaskan bahwa penelitian dosen yang berdasarkan skripsi mahasiswa akan turut membantu meningkatkan akreditasi.
“Skripsi yang dijadikan penelitian kali ini, bukan untuk dipublikasikan. Tetapi, untuk mencairkan dana penelitian. Tak ada niat sedikitpun untuk melakukan plagiat,” tegasnya.
Yanis menjelaskan, hal itu terjadi akibat banyaknya perbedaan persepsi tentang pengertian plagiat. “Alhasil saya pun bingung memamahami arti plagiat,” gumamnya.
Di sisi lain, ia sangat menyayangkan atas tuduhan yang disematkan padanya, hal itu semakin  diperparah dengan tidak adanya kesempatan baginya untuk melakukan pembelaan di depan senat akademik.”Saya udah dua kali mengajukan pembelaan kepada rektor, tapi tidak digubris,” keluhnya.
Selain itu, menurut yanis, hukum yang dijatuhkan padanya terkesan tidak adil. sebab, pemberitaannya tidak berdasarkan atas semua pihak yang bersangkutan. “Seharusnya berita acara pemeriksaan itu ditandatangani pemerintah. Tapi, kenyataannya nihil,” paparnya.
Senada dengan Yanis, Bayyinah salah satu mahasiswa Jurusan Farmasi menuturkan, tindakan plagiasi yang dilakukan Yanis, sebenarnya telah mendapatkan izin dari sejumlah mahasiswa bimbingannya.
Di lain pihak, MK Tadjudin menyampaikan, hal tersebut tetaplah tindakan plagiat, karena seseorang mencontek karya orang lain tanpa menyebutkan sumbernya, Selasa (3/7). (Nurlaela)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Dosen UIN Dituduh Plagiat
Dosen UIN Dituduh Plagiat
http://3.bp.blogspot.com/-Yl0Cfc0T3WQ/UPw10gWzjrI/AAAAAAAABXw/abn0SS7guKU/s400/Untitled+4.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-Yl0Cfc0T3WQ/UPw10gWzjrI/AAAAAAAABXw/abn0SS7guKU/s72-c/Untitled+4.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/07/dosen-uin-dituduh-plagiat.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/07/dosen-uin-dituduh-plagiat.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago