Archive Pages Design$type=blogging

Bermain Asyik Tanpa Joy Stick




Permainan modern biasanya tidak terlepas dari konsol, joy stick, key board,mouse ataupun perangkat keras lain yang bertindak sebagai pengendali. Namun sekarang, ada permainan yang hanya menggunakan majalah atau kamera Android untuk mengendalikannya.


Untuk menjadikan majalah sebagai pengendali, seorang pemain hanya mengarahkan majalah yang sudah dikenal oleh sensor. Misalnya pada permainan Cars, pergerakan mobil dapat dikendalikan dengan majalah yang digerak-gerakan pemain ke arah sensor.


Sedangkan bila menggunakan Android, seorang pemain bisa mengarahkan Android yang telah di pasang perangkat lunak ke sebuah kertas bergambar khusus. Kemudian muncul grafik permainan dan animasi gerak yang timbul berbayang di atas kertas itu. Namun, bila kamera tersebut diarahkan ke objek yang lain, maka bayangan itu akan hilang dan tidak dapat terdeteksi.


Begitulah aplikasi dari teknologi Augmented Reality pada sebuah permainan yang dipelopori perusahaan AR & Co, dalam sebuah pameran Indonesia Game Show 2012 di Jakarta Convention Centre (JCC) pada 12-14 Oktober lalu.


Programmer pada perusahaan AR & Co, Yudistiro Adi Prakoso menjelaskan, pembuatan aplikasi ini menerapkan dasar pemrograman C++, yang dipelajari dalam jurusan Sistem Informatika. Program tersebut bertujuan untuk menambahkan dan menghilangkan animasi yang dikehendaki.


Namun, permainan seperti ini tidak langsung dijual kepada konsumen, karena menurut Yudit, Indonesia merupakan negara dengan peringkat nomor satu pada kasus pembajakan. Ia megatakan, ada beberapa perusahaan yang kemudian bekerja sama, seperti perusahaan Indosat untuk kartu prabayar yang memintanya untuk  dibuatkan permainan MONSTAR


Rudi Okto, Kepala Cabang Indosat Jakarta Pusat berujar, permainan MONSTAR yang dibuat oleh perusahaan AR & Co ini sangat menarik perhatian pengunjung. “Permainannya simple dan animasi yang digunakan lucu,” ucap Rudi saat ditemui di stan Indosat (14/10).


Menurut Rudi, pengunjung dapat langsung menikmati permainan MONSTAR, terutama anak-anak. Baginya, anak-anak tersebut dapat menggunakannnya karena mudah, sedangkan orang dewasa lebih menyukai permainan petualangan dan penuh tantangan seperti yang sudah banyak aplikasi yang diterapkan dalam komputer.


Senada dengan Rudi, Yanti, salah satu pengunjung  mengungkapkan, permainan tersebut memang sangat sederhana. Namun, baginya, permainan tersebut lebih menarik bila menggunakan Personal Komputer (PC). “Bila menggunakan PC bisa lebih lama bermainnya, bahkan sampai berhari-hari,” ujarnya (14/10). (Dewi Maryam)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Bermain Asyik Tanpa Joy Stick
Bermain Asyik Tanpa Joy Stick
http://3.bp.blogspot.com/-f8zilmh9v2w/UPazLc19EhI/AAAAAAAAAis/X-cY4gbUHMA/s400/game+majalah.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-f8zilmh9v2w/UPazLc19EhI/AAAAAAAAAis/X-cY4gbUHMA/s72-c/game+majalah.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/07/bermain-asyik-tanpa-joy-stick.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/07/bermain-asyik-tanpa-joy-stick.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago