Archive Pages Design$type=blogging

Tidak Hanya Cukup dengan Kerja Keras


Judul: Ranah 3 Warna
Penulis: Ahmad Fuadi
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal buku:473 Halaman
Terbit:Januari 2011
ISBN: 978-979-22-6325-1

Hidup tak selamanya menyuguhkan hal yang mudah. Bahkan hal yang sulit pun terkadang membuat kita menangis. Kerja keras saja tak cukup untuk menaklukannya. Namun, itu bukan alasan untuk menyerah. Dengan kesabaran, keberuntungan pun akan menghampiri atau seperti istilah dalam bahasa Arab “Man shabara zhofira”.

Itulah amanat yang ingin disampaikan oleh Ahmad Fuadi melalui novel Ranah 3 Warna. Novel kedua dari Negeri 5 Menara ini menceritakan kelanjutan perjuangan Alif  untuk meraih mimpinya selepas lulus pesantren.

Novel ini dimulai dari keinginan Alif untuk melanjutkan kuliah di Perguruan Tinggi Negeri. Ia pun berjuang keras untuk lulus UMPTN. Hingga ia berhasil diterima di Universitas Padjajaran (Unpad) dan itulah awal dari perjuangan Alif yang sebenarnya.

Di tengah perjuangan meraih mimpinya, Alif harus kehilangan ayahnya karena sakit. Posisinya sebagai anak lelaki tertua membuat ia berpikir untuk pulang kampung agar dapat membantu ibunya. Namun, ibunya justru yang menginginkan ia untuk tetap bertahan. Hingga Alif berhasil melewati masa-masa sulit itu dan akhirnya berhasil menginjakan kakinya di Kanada. Dalam kisah tersebut, penulis ingin menyampaikan kita tidak boleh berhenti berjuang walaupun rintangan terus menghadang.

Novel ini dipermanis dengan adanya sedikit kisah cinta segitiga antara Alif, Randai, dan Raisa. Penulis mengkisahkan cinta Alif pada Raisa mampu memotivasinya untuk segera menyelesaikan studinya.

Ranah 3 warna merepresentsikan tempat-tempat yang Alif singgahi di masa  kuliahnya, yaitu Bandung, Amman, dan Saint-Raymond (Kanada). Di tiga tempat inilah terukir kisah-kisah tak terlupakan saat Alif  menjadi mahasiswa.

Novel yang terinspirasi dari kisah nyata ini, ditulis dengan bahasa yang ringan, sehingga mudah dipahami dan tidak membosankan. Selain menghibur, novel ini juga memberi motivasi dan inspirasi pada pembacanya.

Kisah ketika Alif  diluar negeri memberi nilai tambah tersendiri bagi novel ini. Saat itu, penulis mengisahkan bagaimana Alif dan teman-temannya mengharumkan nama Indonesia di Kanada saat mengikuti program pertukaran mahasiswa.

Begitulah sekilas kisah nyata penulis yang digambarkan melalui sosok Alif di dalam novel Ranah 3 Warna. Untuk mengetahui cerita selengkapnya, bacalah novel ini! (Siti Ulfah Nurjanah)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Tidak Hanya Cukup dengan Kerja Keras
Tidak Hanya Cukup dengan Kerja Keras
http://2.bp.blogspot.com/-liV7TNSpYcs/UPPgVtzKh0I/AAAAAAAAAH4/LcqP1hq4j2E/s320/Foto+Novel+Tiga+Ranah+Warna.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-liV7TNSpYcs/UPPgVtzKh0I/AAAAAAAAAH4/LcqP1hq4j2E/s72-c/Foto+Novel+Tiga+Ranah+Warna.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/06/tidak-hanya-cukup-dengan-kerja-keras.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/06/tidak-hanya-cukup-dengan-kerja-keras.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago