Archive Pages Design$type=blogging

Terminal Bayangan Kurangi Kemacetan Ciputat


Ciputat, INSTITUT-Kemacetan yang sering terjadi di Ciputat tidak hanya disebabkan oleh volume kendaraan yang meningkat.Tak tersedianya lahan parkir untuk angkutan umum juga menjadi faktor utama terjadinya macet. Hal itu menyebabkan Gabungan Persatuan Sopir Indonesia (Gapersi) Cabang Ciputat menjadikan lahan seluas 2,1hektar menjadi terminal sementara.
Terminal bayangan, begitulah warga Ciputat menyebutnya. Terletak dibelakang  Ciputat Niaga Lestari, untuk ukuran terminal mungkin tempat ini tidak begitu luas. Kendati demikian, para sopir trayek yang bermuara di Ciputat sangat terbantu dengan terminal bayangan ini.

Sugiono misalnya, seorang sopir minibus 510 Koantas Bima, ia sangat tertolong dengan dibukanya terminal bayangan ini. Pasalnya, sebelum tempat ini dibuka Sugiono kerap memarkir kendaraannya di bahu jalan.Hal itu tidak hanya merugikan pengguna jalan, Sugiono juga tekadang mendapat perlakuan buruk dari pengguna jalan atau warga sekitar yang merasadirugikan.“Ban dikempesin, kadang-kadang kaca spion dipecahin.” Ujar ayah lima anak ini.

Pria asal Tegal itu juga menuturkan, hal tersebut ia lakukan karena memang Pemda Ciputat tidak menyediakan tempat untuk parkir bagi semua kendaraan angkutan umum asal Ciputat. Pernah satu sekali Dinas Perhubungan (Dishub) Ciputat mengalihkan semua trayek asal Ciputat ke terminal Pondok Cabe, tapi hal itu menuai protes dari sopir angkutan umum Parung. “Terpaksa kami parkir dipinggir jalan lagi,” katanya.

Sugiono juga berharap semoga Pemda Ciputat menjadikan tempat ini menjadi terminal permanen bukan bayangan, karena Ciputat sekarang sangat padat kendaraan. “Jika tempat ini dijadikan terminal beneran mungkin kami para sopir tidak khawatir lagi,” harapnya.

Menanggapi hal itu, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gapersi Wawan Gunawan menuturkan, terminal merupakan tempat wajib di suatu daerah yang padat penduduk, tidak hanya untuk menjaga stabilitas lalulintas, juga berfungsi untuk memudahkan pendatang ke tempat tersebut.

Walaupun menyandang status terminal bayangan, tempat ini disambut baik oleh warga ciputat. Karena sejak dibukanya tempat itu, kemacetan di Ciputat agakberkurang. Tidak seperti sebelum dibukanya tempat tersebut, kemacetan terlihat sangat parah. “Kami sangat berharap jika Pemda menjadikan tempat ini terminal Ciputat,” ucap pria yang juga bertugas sebagai koordinator lapangan.

Tercatat baru lima trayek yang menempati lahan tersebut, yaitu Bianglala 76  jurusan Ciputat-Senen, Bianglala 57 jurusan Ciputat-Kota, Koantas Bima 510 jurusan Ciputat-Kampung Rambutan, Koanbisata 512 jurusan Ciputat-Pulo Gadung, dan Angkot D02 jurusan Ciputat-Pondok Labu.

Heri Kusaeri, penumpang Koantas Bima mengaku sangat terbantu dengan adanya terminal bayangan itu. Menurutnya, tidak hanya mengurangi kemacetan di Ciputat tapi juga memberikan rasa aman bagi para calon penumpang terlebih bagi para sopir. (Sayid Muarief)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Terminal Bayangan Kurangi Kemacetan Ciputat
Terminal Bayangan Kurangi Kemacetan Ciputat
https://4.bp.blogspot.com/-Ir8-6ezJ9GI/UPUtxucX1II/AAAAAAAAAYs/rqxOOUgc_jE/s400/16.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-Ir8-6ezJ9GI/UPUtxucX1II/AAAAAAAAAYs/rqxOOUgc_jE/s72-c/16.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/06/terminal-bayangan-kurangi-kemacetan.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/06/terminal-bayangan-kurangi-kemacetan.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago