Archive Pages Design$type=blogging

Ranita Pasang Akrilik untuk Hemat Energi




Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)  Kelompok Mahasiswa Pencinta Lingkungan Hidup dan Kemanusiaan (KMPLHK) Ranita memperigati hari lingkungan hidup sedunia. Acara tahunan ini megusung tema Tribute to Earth.  

Menurut Ahmad Maruf selaku Ketua Pelaksana, tema ini diambil untuk mengkampanyekan tindakan apa saja yang sudah kita berikan untuk bumi. Salah satu aksi kongkret yang dilakukan Ranita yaitu dengan memasang akrilik berisi himbauan hemat energi di seluruh fakultas Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Selasa (5/6).

Akrilik berajakan hemat air dan listrik tersebut dipasang di beberapa titik pada setiap fakultas. Di antaranya di depan lift, mushola, dan kamar mandi. Ahmad mengatakan, Dengan himbauan seperti ini, mahasiswa diharapkan bisa lebih bijak dalam penggunaan energi dan sadar akan lingkungan sekitar.

Seremonial pemasangan akrilik ini dihadiri oleh Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Sudarnoto Abdul Hakim, Pembantu Dekan III Bidang Kemahasiswaan FITK, Muhbib Abdul Wahab, dan wakil dari masing-masing UKM.

Dalam sambutannya, Sudarnoto mengatakan, membangun kampus yang berwawasan lingkungan tidaklah mudah. Maka dari itu, semua masyarakat UIN diminta untuk bersama-sama menjaga lingkungan. “Menjaga lingkungan bukan untuk diri sendiri. Tapi, juga untuk orang lain,” jelasnya.

Selain pemasangan akrilik, KMPLHK Ranita juga mengadakan aksi ‘Sampahmu Amalmu’. Aksi ini dimaksudkan untuk membuang sampah di tempat yang telah disediakan. “Membuang sampah pada tempatnya adalah sebuah amal untuk lingkungan,” ujar Ahmad yang biasa dipanggil Jongrang.

Menurut Muhbib Abdul Wahab, kegiatan seperti ini sangat bagus karena ada aksi kongkret dalam penghematan energi. “Kegiatan seperti ini sebagai bentuk penyadaran kepada mahasiswa untuk hidup lebih sehat,” ucapnya.

Ia menambahkan, tata kelola lingkungan dan lahan parkir UIN juga harus dibenahi dan ditata ulang. “Sebaiknya ada pembebasan lahan agar UIN memiliki ruang untuk menanam pohon,” tegasnya.

Aksi ini disambut baik oleh Riska Mustika, mahasiswi Jurusan Bahasa Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Humaniora (FAH), semester 2 yang tertarik untuk memininalisir penggunaan lift sebagai aksi hemat energi. “Sekarang saya jadi tahu berapa banyak energi dalam satu kali naik. Kalau untuk lantai dua dan tiga mendingan jalan kaki saja. Hitung-hitung olahraga,” ujarnya. (Nur Azizah)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Ranita Pasang Akrilik untuk Hemat Energi
Ranita Pasang Akrilik untuk Hemat Energi
http://4.bp.blogspot.com/-uUiawk4RY3w/UPgAOkeiBJI/AAAAAAAAA5E/xs5A1EkiD24/s400/ok.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-uUiawk4RY3w/UPgAOkeiBJI/AAAAAAAAA5E/xs5A1EkiD24/s72-c/ok.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/06/ranita-pasang-akrilik-untuk-hemat-energi.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/06/ranita-pasang-akrilik-untuk-hemat-energi.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago