Archive Pages Design$type=blogging

PSM Ikuti Festival Paduan Suara Nasional

Afdhal Kromong Dzikri sedang melatih tim dari PSM untuk perlombaan paduan suara tingkat nasional. Senin (2/6 ).

Langit sore itu sudah semakin gelap. Namun, masih terdengar lantunan lagu  Jali-jali dan Tari Pasambahan yang merdu dari UKM Paduan Suara Mahasiswa (PSM) di sekitar pelataran Aula Madya Gedung Student Center (SC) UIN Jakarta.


Azis Novitian Lubis, seorang anggota muda PSM dari Jurusan  Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) yang dijuluki Laja, bercerita, hal itu rutin dilakukannya setiap Senin, Kamis, dan Jumat dalam olah vokal untuk mempersiapkan tim yang akan mengikuti Festival Paduan Suara 23 ITB Tingkat Nasional kategori Folklore pada  4-10 Juli 2012 nanti.

Tim yang beranggotakan 40 orang ini diseleksi ketat oleh sang konduktor, Afdhal “Kromong” Dzikri dan para anggota senior. Penyeleksiannya dilihat dari suara, kehadiran, kepribadian saat bernyanyi, keseriusannya dalam berlatih, dan kedisiplinan.


Sebagai tim official, Laja menjelaskan, latihan ini semakin intensif mereka lakukan terutama pada saat mendekati lomba seperti sekarang. Hal ini mereka lakukan agar dapat masuk ke babak final dalam lomba tersebut yang akan digelar pada 8-9 Juli mendatang.


Untuk mempersiapkan fisiknya, para anggota tim tak lupa melakukan latihan fisik, seperti jogging mengelilingi kampus, sit up, olahraga mulut, senam muka, warming up juga dilakukan, dan lain-lain. Selain itu, untuk persiapan outfit , mereka menyewa pakaian adat Betawi dan Sumatra Barat.


Sementara itu, para anggota tim juga dituntut mahir dalam merias wajahnya sendiri. Hal ini berlaku tak hanya untuk perempuan, tapi juga laki-laki. Untuk mempersiapkannya, mereka mendapatkan pelatihan merias wajah dan menggunakan jilbab pada saat Beauty Class yang diadakannya pada Kamis (21/6) lalu.


Menurut Laja, hal yang sulit selama latihan disebabkan adanya koreografi  yang berpengaruh terhadap stabilitas suara dalam bernyanyi. Selain itu, mereka diharuskan untuk menyamakan rasa saat bernyanyi.


Muhammad Iqbal, salah satu anggota PSM yang dijuluki Guja menjelaskan, ini adalah kedua kalinya PSM UIN mengikuti lomba tersebut. Sebelumnya, di Festival Paduan Suara 22 ITB Tingkat Nasional pada 2010 lalu, mereka berhasil menggondol medali perak. Bagi Guja, angkatan tahun ini kurang bersemangat saat latihan, berbeda jika dilihat dari semangat pada tim perlombaan ITB tahun lalu. Di saat latihan, mereka sudah menganggap seperti sedang melakukan lomba di ITB. Sedikit saja kesalahan yang dilakukan, langsung diperbaiki. “Tapi semua itu juga butuh proses,” ujar Guja, penyanyi Tenor dalam lomba nanti. (Dewi Maryam)


COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: PSM Ikuti Festival Paduan Suara Nasional
PSM Ikuti Festival Paduan Suara Nasional
http://4.bp.blogspot.com/-de7U9yEdRnM/UPaoMbpLg8I/AAAAAAAAAgA/NHdpXDKCi2w/s400/afdhal+kromong+dzikri+sedang+melatih+tim+dari+psm+untuk+perlombaan+paduan+suara+tingkat+nasional.+senin+256.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-de7U9yEdRnM/UPaoMbpLg8I/AAAAAAAAAgA/NHdpXDKCi2w/s72-c/afdhal+kromong+dzikri+sedang+melatih+tim+dari+psm+untuk+perlombaan+paduan+suara+tingkat+nasional.+senin+256.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/06/psm-ikuti-festival-paduan-suara-nasional.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/06/psm-ikuti-festival-paduan-suara-nasional.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago