Archive Pages Design$type=blogging

Pertunjukan Seni Tari Indonesian Dance Festival (IDF)


Jakarta, INSTITUT- Di panggung yang megah, nampak dua orang perempuan dan satu orang laki-laki bergerak lincah ke sana kemari mengikuti alunan irama musik. Membawa beberapa pakaian dalam tariannya, menampilkan jenis tarian kontemporer.

Itulah gambaran konsep salah satu pertunjukan seni tari dari Indonesian Dance Festival (IDF) yang berjudul Baju Kini. Baju Kini mengisahkan baju-baju yang menemani tubuh, seperti halnya manusia yang memerlukan seseorang yang mau menemani dan mau merawatnya dengan kasih sayang.

Salah satu tokoh penarinya ketika di atas panggung mengatakan, baju bisa membuat orang merasa nyaman dan percaya diri. Baju dikenakan sebagai media untuk mengungkapkan perasaan tertentu.

Orang banyak melihat orang lain mengenakan baju yang berwarna warni, mereka beranggapan orang itu dalam keadaan senang dan ceria. Padahal, dalam kenyataannya kita semua sama seperti baju. Kehidupan itu kadang kotor, bau apek, dan lain sebagainya.

Selain itu ada beberapa penampilan lainnya seperti Kiss, diperankan oleh Anter Asmorotedjo. Kiss merupakan sebuah ungkapan kasih sayang seorang ibu pada anaknya, sebagai seorang berada jauh dari tanah kelahirannya.

Lalu Beat, dimainkan oleh Danang Pamungkas. Beat, sebuah proses pencarian antara tubuh dan musik, pemahaman esensi dari setiap gerakan, body release, serta body kontak dengan partner.

Lalu yang terakhir Sailors yang dikoreografikan Zan Yamashita (Jepang). Sailors dipentaskan di rakit besar di panggung, yang dapat mengguncang dan berbalik di bawah beban dan penari di atasnya. Suatu tantangan untuk menciptakan tarian dalam suatu suasana yang tidak stabil, berdasarkan kemustahilan untuk memproduksi dan mengulangnya.

“Kami mengadakan acara ini terutama untuk anak-anak muda, karena itu, acara ini selalu ada karya-karya anak mudanya,” papar Maria Darmaningsih selaku penyelenggara IDF, Sabtu (2/6).
Ia mengatakan, ini merupakan festival kontemporer, garapannya bisa berdasarkan tradisi dan bisa berdasarkan apapun. Dari setiap pertunjukan, biasanya ada pesan yang ingin disampaikan dari karya tersebut.

Ia menambahkan, IDF  berdiri pada 1992. Ajang ini merupakan salah satu wadah yang telah melembaga dan secara konsisten berupaya menjaga dinamika seni tari.

Nizar Utomo, salah satu penonton mengatakan, acara IDF ini merupakan sebuah terobosan baru dalam dunia seni tari, karena jenis tarian yang ditampilkan di sini merupakan tarian kontemporer yang sedikit banyak mengandung unsur teatrikal dan sarat dengan pesan moral.

“Jadi seolah-olah tuh kita nggak hanya terkesan nonton tarian doang, tapi juga belajar memahami pesan yang disampaikan masing-masing koreografer,” tegasnya, Sabtu (2/6).

Selain itu, ia juga mengatakan, acara IDF ini juga melibatkan banyak kontestan dari luar negeri, salah satunya adalah dari Jepang. “Otomatis secara tidak langsung kita juga dapat menambah wawasan mengenai budaya yang mereka coba sampaikan,” kata Nizar mengakhiri perbincangan. (Nurmalisa)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Pertunjukan Seni Tari Indonesian Dance Festival (IDF)
Pertunjukan Seni Tari Indonesian Dance Festival (IDF)
http://4.bp.blogspot.com/-p5doNWmDUhU/UPfgXejPAlI/AAAAAAAAAsM/Ir_aO7AO8qM/s400/pertunjukan+seni.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-p5doNWmDUhU/UPfgXejPAlI/AAAAAAAAAsM/Ir_aO7AO8qM/s72-c/pertunjukan+seni.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/06/pertunjukan-seni-tari-indonesian-dance.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/06/pertunjukan-seni-tari-indonesian-dance.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago