Archive Pages Design$type=blogging

Perjuangan Anak Langit



Judul  : Anak-Anak Langit

Penulis  : Mohd Amin MS

Penerbit  : Pustaka Alvabet

Isi  : 508 Halaman; 13 x 20 cm

Terbit  : Juli 2011

ISBN  : 978-602-9193-04-6

Terkadang hal yang manusia inginkan tak diperoleh tapi hal yang manusia tidak inginkan, itu yang diperoleh. Tuhan tidak memberikan apa yang kita inginkan, melainkan memberikan apa yang kita butuhkan.

Mohd Amin MS, Dosen luar biasa UIN Susak Riau, saat ini sebagai jurnalis Riau Pos membuat novel yang berjudul Anak-Anak Langit. Novel ini terinspirasi kisah nyatanya saat bersekolah di Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK) Koto Baru Padang Panjang, Sumatera Barat.

Ia menceritakan sebuah pesantren modern yang didirikan oleh Departemen Agama, pesantren yang menurutnya tempat bagi anak-anak cerdas dan berkemauan keras,  serta mencetak ulama-ulama muda yang kian langka. Pesantren itu berada di kaki Gunung Singgalang dan Gunung Merapi, bernama ‘Dakhiliyah Darul Falah al-Madrasah al-‘Aliyah al-Khasshah’ atau Madrasah Aliyah Khusus (MAK).

Dalam novel ini, Mohd Amin menggunakan tokoh pemuda bernama Simuh asal Bengkalis. Ia ingin mempelajari sains lebih banyak di SMA Wahidin, tapi sang abah mengharamkan anak-anaknya masuk ke SMA Wahidin. Karena takut anak-anaknya terpengaruh budaya dan agama orang Tionghoa, mereka jadi musyrik. Trauma masa lalu tentang peristiwa kerusuhan Bagan Si api-api masih lekat di kepala abah.

Simuh berkeyakinan bahwa jaman telah berubah, yang ia lihat anak-anak Tionghoa baik dan cukup ramah. SMA Wahidin bukan sekolah khusus warga Tionghoa, sebagian besar guru-gurunya orang Melayu. Sayangnya, ia terjebak dalam asumsi dan ketakutannya sendiri untuk memberitahu abahnya, sehingga ia melewatkan masuk SMA Wahidin, padahal abahnya setuju

Setelah gagal masuk SMA Wahidin, dengan terpaksa ia masuk ke Madrasah Aliyah Khusus (MAK), karena sang abah ingin anaknya jadi orang alim. Setelah masuk, ia malah bangga bisa berada di MAK, sekolah hebat. Ia kagum dengan teman-temannya, para calon ulama dan pemimpin umat bersaing menjadi yang terbaik.

Anak-anak langit dalam MAK ini diumpamakan sebagai orang-orang terpilih, yang akan memberikan pencerahan dan kedamaian pada umat. Ada Zulfariadi dan Burmal yang ahli bahasa Inggris dan Arab, Hendra yang memiliki kecerdasan imajinatif, Azwar yang memiliki kecerdasan matematis, Mursalin, Hendra, Rinaldi, dan Haris, para filosof muda.

Banyak lika-liku mewarnai perjuangan anak-anak rantau ini dalam menimba ilmu. Imam as-Syafi’i pernah berkata, “Orang berilmu dan beradab tak akan diam di kampung halaman. Tinggalkan negerimu, lalu merantaulah ke negeri orang. Merantaulah, maka akan kau dapatkan pengganti kerabat dan kawan. Berpayah-payahlah, manisnya hidup akan terasa usai payah berjuang.”

Rasa penasaran memang menjadi pangkal dari segala dosa, seperti rasa penasaran Adam terhadap buah Khuldi. Itu pula yang terjadi pada Simuh dan teman-temannya, karena rasa penasaran setiap malam diam-diam menonton Film Friday The 13th. Perseteruan dengan anak-anak Madrasah Aliyah Negeri (MAN), pencarian jati diri dan lainnya.

Buku ini memberikan motivasi bagaimana kehidupan remaja yang berjuang menggapai cita-cita dipadukan dengan peribahasa dan metafora. Selain itu, interaksi antara guru dan murid (anak-anak langit) menjadi salah satu kelebihan novel ini, diskusi menjadi kanal yang efektif untuk berbagi wawasan dari kepala-kepala yang berbeda pemikiran. Karena kini, budaya diskusi hampir hilang pada pemuda-pemuda Indonesia.

Maka, novel ini juga berguna bagi sivitas akademik untuk memunculkan kembali budaya diskusi. Namun, sayangnya dalam penulisan kata-kata daerah yang terkadang membingungkan pembaca. (Anastasia Tovita)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Perjuangan Anak Langit
Perjuangan Anak Langit
https://4.bp.blogspot.com/-8e6iKdz_z98/UPgBo5no-kI/AAAAAAAAA5c/iv9DjNGSNy4/s400/anak-anak-langit.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-8e6iKdz_z98/UPgBo5no-kI/AAAAAAAAA5c/iv9DjNGSNy4/s72-c/anak-anak-langit.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/06/perjuangan-anak-langit.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/06/perjuangan-anak-langit.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago