Archive Pages Design$type=blogging

Pameran Fauna untuk Jakarta Hijau



Jakarta, INSTITUT- Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta tahun ini kembali menyelenggarakan Pameran Flora dan Fauna (Flona) yang bertemakan “Punai Kembali Jakarta Hijau Nan Asri”. Acara yang diadakan di Lapangan Banteng, Jakarta Utara diselenggarakan selama sebulan. Terhitung dari tanggal 15 Juni lalu hingga 16 Juli mendatang.

Tio, salah satu panitia acara memaparkan, tujuan dari acara ini untuk menggalakkan penghijauan khususnya bagi masyarakat Jakarta. “Dulu burung punai banyak di Jakarta, tapi sekarang pada kabur karena sudah tidak banyak lagi pohon,”ucapnya.

Ryan Akhmad, panitia lainnya menjelaskan, selain ditujukan untuk menyambut Hari Ulang Tahun DKI Jakarta, acara ini juga sebagai bentuk apresiasi Dinas Pertamanan dan Pemakaman terhadap para pengusaha, petani dan penghobi tanaman atau hewan. “Ya, bisa dibilang pestanya mereka (pengusaha, petani dan penghobi tanaman atau hewan).”

Ia juga mengharapkan, pameran ini dapat memacu semangat petani dan penghobi tanaman atau hewan untuk lebih berinovasi. “Karena setiap tahunnya, kita selalu menghadirkan hal baru dan unik,”tuturnya.

Selain menjadikan burung punai sebagai tema, pameran tahun ini juga banyak menonjolkan buah naga. “Buah naga ini banyak dicari orang, jadi kita ingin mengenalkan cara pengembiakkannya pada masyarakat,” jelasnya.

Pameran tahun ini menghadirkan 216 peserta dari seluruh Indonesia. “Di antaranya ada stan tanaman, stan hewan, juga stan pameran dari instansi pemerintahan,” papar Tyo.

Ada pula stan-stan produk penunjang kebutuhan hewan dan tanaman. Misalnya, stan penjualan pupuk tanaman atau stan penjualan kandang hewan. Ada juga stan praktik cara pengembangbiakkan tanaman tertentu. “Selama pameran ini berlangsung, setiap akhir pekan juga diadakan acara khusus, seperti Kontes Sansiviera dan Kontes Ayam Ketawa,” tambahnya.

Yuniar Ardianti, penjaga stan dari Taman Nasional Pulau Seribu menilai penting adanya pameran tersebut. Pameran semacam ini, dapat menjadi ajang untuk memberitahukan pada masyarakat tentang hewan-hewan langka yang dilindungi.

Senada dengan Yuniar, penjaga stan dari Bogor Florantia One Stop Shopping, Makmur Mulyana menyambut baik pameran ini. “Karena dapat menambah teman sesama pecinta tanaman dari seluruh Indonesia.”

Salah satu pengunjung, Tuti Harun juga menilai baik  acara tersebut. Sebagai pecinta tanaman hias, ia mengaku selalu menungggu-nunggu pameran ini. “Selain ada hal unik setiap tahunnya, harganya pun dapat ditawar,”ucapnya. (Siti Ulfah Nurjanah)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Pameran Fauna untuk Jakarta Hijau
Pameran Fauna untuk Jakarta Hijau
http://2.bp.blogspot.com/-ujMPkbMxn_Q/UPUiob7rlAI/AAAAAAAAAXs/bYEaiyDea54/s400/Foto+Flona.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-ujMPkbMxn_Q/UPUiob7rlAI/AAAAAAAAAXs/bYEaiyDea54/s72-c/Foto+Flona.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/06/pameran-fauna-untuk-jakarta-hijau_4783.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/06/pameran-fauna-untuk-jakarta-hijau_4783.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago