Archive Pages Design$type=blogging

Palang Pintu, Membudayakan Adat Betawi


Kembang jambu jatuh ke pasir
Kembang kelapa jatuh di gubuk
Kalo emang kite udeh hadir
Kenape berdiri aja nggak disuruh masuk.

Itulah sepenggal pantun yang dilantunkan oleh juru bicara pengantin pihak laki-laki, sebagai pembuka prosesi adat betawi yang bernama palang pintu.

Pria yang menggunakan peci, jas, dan celana serba hitam, dengan penuh semangat memperkenalkan diri beserta rombangannya. Kedatangannya bermaksud untuk melamar calon pengantin perempuan.

Setelah itu, juru bicara pihak perempuan pun membalas dengan beberapa syair pantun dan terjadilah balas-membalas pantun. Dalam isi pantunnya, pihak keluarga laki-laki meminta izin untuk menikahi calon pengantin perempuan. Namun, pihak keluarga perempuan memberikan syarat yang harus dipenuhi keluarga pengantin laki-laki.

Persyaratan yang diajukan yaitu, pertama, pihak laki-laki harus merobohkan palang pintu—jawara dari pihak perempuan—dengan beradu silat. Keluarga pihak laki-laki pun menerima tawaran yang diajukan juru bicara pihak perempuan. Maka terjadilah pertarungan antar  kedua jawara.

Dalam pertarungannya, kedua jawara menggunakan golok dan tongkat kayu sebagai alat untuk bertarung.  Tak lama waktu berselang, jawara laki-laki memenangkan pertarungan, sehingga palang pintu pun roboh.

Dengan runtuhnya palang pintu, pihak perempuan yang diwakili juru bicaranya memberikan persyaratan yang kedua, yaitu melantunkan lagu sike yang berbahasa Arab. Pihak laki-laki menyanggupi dan paman dari pengantin laki-laki melantunkan sike yang diminta.

Palang pintu telah roboh, sike telah dilantunkan. Prosesi berakhir dengan diterimanya pengantin pihak lelaki. Sebagai ucapan syukur dalam prosesi palang pintu ini, pihak lelaki membagikan kembang kelapa—hiasan yang di atasnya ditaruh uang kertas—kepada penonton. Riuh penonton berebut uang kertas yang dijatuhkan dari atas panggung, keremunan anak-anak, remaja, dan dewasa pun berusaha mendapatkannya.

Begitulah pertunjukan palang pintu yang diperagakan grup Sanggar Sirih Dare dalam Festival Palang Pintu yang diadakan pada Sabtu (9/6) sore. Festival yang diadakan di Kemang ini diikuti oleh 13 grup palang pintu, salah satunya grup Sanggar Sirih Dare.

Pemain palang pintu Sirih Dare yang berlakon sebagai jawara silat, Fajry Ferdiawan, mengaku tidak banyak mendapatkan kesulitan karena ia sudah terbiasa berlatih silat Betawi. Ia pun sering mengikuti lomba ataupun mengisi acara untuk prosesi adat palang pintu bersama Sanggar Sirih Dare, namun Festival Palang Pintu di Kemang ini merupakan penampilannya yang pertama.

Salah satu penonton, Asep Setiawan, merasa acara ini bagus karena dapat membudayakan adat Betawi. “Dengan acara ini kita dapat mengetahui dan menyelami budaya lebih dalam,” ujarnya. (Gita Nawangsari E.P)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Palang Pintu, Membudayakan Adat Betawi
Palang Pintu, Membudayakan Adat Betawi
https://3.bp.blogspot.com/-kat4dQ3dALQ/UPT_7SU_ZvI/AAAAAAAAAMs/mfZJn8C9egI/s400/palang+pintu.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-kat4dQ3dALQ/UPT_7SU_ZvI/AAAAAAAAAMs/mfZJn8C9egI/s72-c/palang+pintu.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/06/palang-pintu-membudayakan-adat-betawi.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/06/palang-pintu-membudayakan-adat-betawi.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago