Archive Pages Design$type=blogging

Operasi Bersih Gunung Salak I Pasca Tragedi Sukhoi




Tim Search and Rescue (SAR) dari posko Cimelati mengelar aksi kemanusian dan cinta lingkungan. Menurut Abdul Aziz, koordinator lapangan, terdapat 500-an relawan yang terlibat dalam aksi ini, khususnya pada kegiatan operasi bersih (Opsi) Gunung Salak I, Sabtu (2/6), Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Soma Suparsa, Ketua Umum Opsi Gunung Salak I mengatakan, pada dasarnya opsi ini bertujuan membersihkan sampah sisa operasi kecelakaan pesawat Sukhoi Super Jet 100, Kamis (9/5) lalu karena saat operasi pencarian dan evakuasi melibatkan banyak relawan. Sekitar 500-an orang setiap harinya melakukan kegiatan atau bahkan menginap di Gunung Salak, sehingga banyak meninggalkan sampah.

Selain opsi gunung salak, ada pula aksi cinta lingkungan seperti menanam pohon di Cidahu. “Aksi ini dilatarbelakangi kerena semakin berkurangnya tanaman hijau di daerah tersebut. Apalagi semenjak kejadian sukhoi kemarin. Banyak pohon yang harus ditebang untuk memudahkan evakuasi,” jelas Abdul.

Ia menambahkan, Opsi ini melibatkan beberapa elemen masyarakat. Bukan hanya tim SAR dan TNI. Namun, ratusan relawan dari berbagai Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), seperti Wanadri, Walhi, Tagana, PMI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten bogor, Disaster Management Center milik Dompet Dhuafa, serta Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) dari berbagai daerah.

Namun, tidak semua relawan ikut dalam penyapuan bersih Gunung Salak I. Abdul memperkirakan hanya 200-an orang yang ikut mendaki. Selebihnya, relawan dibagi dalam tim logistik, medis, dan pemantau. Dalam opsi ini, kurang lebih 100 karung sampah berhasil dikumpulkan.

Selain untuk pembersihan lokasi Gunung Salak, kegiatan ini sekaligus memperingati hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh pada 5 Juni kemarin. Aksi kemanusiaan dan cinta lingkungan ini disambut baik oleh Sukmayanti, salah satu relawan dari Mapala President University Adventure (DiverVenture). Pasalnya, ia turut serta dalam penyapuan Gunung Salak. “Aksi ini sangat positif dan berjalan dengan baik. Bisa lihat sendiri. Kita sudah membawa sampah dari puncak ke bawah,” ucapanya.

Ia berharap, opsi ini sebaiknya dilakukan setiap tahun. Bukan hanya dilakukan karena terjadi musibah saja. Ia juga menekankan agar masyarakat sadar, gunung bukanlah tempat yang tepat untuk membuang sampah. “Sebaiknya sampah dibawa kembali ke bawah. Jangan ditinggal di atas gunung,” tegasnya. (Nur Azizah)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Operasi Bersih Gunung Salak I Pasca Tragedi Sukhoi
Operasi Bersih Gunung Salak I Pasca Tragedi Sukhoi
http://2.bp.blogspot.com/-RwQbgtI74ck/UPf7zMyh6MI/AAAAAAAAA3c/SWWBpN0mdLI/s400/salak.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-RwQbgtI74ck/UPf7zMyh6MI/AAAAAAAAA3c/SWWBpN0mdLI/s72-c/salak.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/06/operasi-bersih-gunung-salak-i-pasca.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/06/operasi-bersih-gunung-salak-i-pasca.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago