Archive Pages Design$type=blogging

News Maker Bukan Penyiar Biasa


UIN Jakarta, INSTITUT- Dalam Workshop News Production  yang berlangsung di Teater Lt 2 Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi (FIDKOM), Mauludin Anwar , Kepala Departemen Peliputan Berita Liputan 6 SCTV mengatakan, penyiar yang baik adalah seseorang yang mampu menguasi masalah yang akan disampaikan dan dapat menyampaikan persoalan tersebut dengan baik.

Menurutnya, untuk menjadi penyiar handal, teori saja tidak cukup. Dalam dunia jurnalistik khususnya jurnalistik TV yang paling penting adalah praktik. “Jangan pernah merasa puas, belajar, belajar, dan belajar. Change and move on, change or die, change is good, and go first,” tegasnya, Jumat (15/6).

Anwar menuturkan, salah kaprah jika seseorang beranggapan penyiar harus cantik atau tampan. “Yang terpenting bagi seseorang penyiar adalah good looking, smart, dan good delivery,”tambahnya.

Senada dengan Anwar, Mochammad Achir, News Maker Liputan 6 SCTV mengatakan seorang penyiar harus mahir membuat hal penting menjadi menarik bagi khalayak tanpa dilebih-lebihkan. Ia menjelaskan, dalam penyiaran berita penyiar harus bisa mengatur suaranya, speed-nya, dan kontak mata ke kamera. Seorang news maker, menurut Achir harus egaliter. “Ke atas nggak boleh minder ke bawah nggak boleh sombong,” ujarnya, Jumat (15/6).

Sedangkan menurut Rifqi Al-Ghyfari, seorang Video Jurnalist Metro TV, seorang wartawan harus berani dan tahan mental dalam segala pekerjaannya. “Jangan takut sama narasumber yang galak, kita dilindungi undang-undang,” tuturnya, Jumat (15/6). Ia juga menjelaskan, seorang Video Jurnalis (VJ) harus bisa memposisikan dirinya dengan baik agar mendapatkan gambar yang bagus dan sesuai estetika jurnalistik.

Pada acara yang betema Mengembangkan Potensi di Dunia Penyiaran, Achir menyarankan,  mahasiswa harus pintar memanfaatkan media yang disediakan kampus, karena sangat berguna untuk mengasah bakat mahasiswa, entah di bidang radio, TV, atau yang lainnya. “Gunakan teknologi sebaik mungkin,” tambanya.

Di akhir acara Achir berharap, semoga acara seperti ini sering dilakukan mahasiswa. Karena menurutnya, workshop ini tidak hanya mengenalkan dunia penyiaran kepada mahasiswa tapi juga menambah wawasan bagi mahasiswa.

Irni Febriani salah satu peserta mengatakan, walaupun sepi, acara tersebut sangat seru karena diisi oleh pembicara-pembicara yang kompeten di bidangnya. “Kita tidak hanya mendengarkan pembicara ngomong di depan, tapi pembicara juga memberikan kesempatan bagi para peserta untuk praktik,” jelasnya. Tapi Irni menyayangkan persiapan panitia kurang maksimal dalam menggelar acara ini “Kurang sosialisasi, pesertanya sedikit” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Cori Carlina selaku ketua panitia mengatakan, sebenarnya acara ini dikhususkan untuk anggota baru Dakwah dan Komunikasi (DnK) TV saja karena DnK TV belum banyak yang tahu, maka acara ini di buka untuk umum. “Sekalian promosi,” ungkapnya.

Cori juga menjelaskan, persiapan panitia hanya seminggu, di tambah hari ini masih minggu tenang, mungkin biaya pendaftarannya yang lumayan mahal. “Mahasiswa UIN mah yang gratis juga jarang ada yang datang, apa lagi bayar,” celotehnya. (Sayid Muarief).

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: News Maker Bukan Penyiar Biasa
News Maker Bukan Penyiar Biasa
https://4.bp.blogspot.com/-L-hLvf8zVXc/UPZ1AZtrF-I/AAAAAAAAAbk/sR2tNpMny84/s400/9.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-L-hLvf8zVXc/UPZ1AZtrF-I/AAAAAAAAAbk/sR2tNpMny84/s72-c/9.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/06/news-maker-bukan-penyiar-biasa.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/06/news-maker-bukan-penyiar-biasa.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago