Archive Pages Design$type=blogging

MoU Kursus IFI-UIN Jakarta Belum Rampung

Penandatangan nota kesepakatan antara pihakUIN Jakarta
dengan Institut Francais-Indonesia (30/5)

UIN Jakarta, INSTITUT- UIN Jakarta dan Institut Francais-Indonesia (IFI) belum sepakat tentang teknis pengadaan kursus bahasa Prancis di Pusat Bahasa UIN Jakarta. Negosiasi berkelanjutan masih terus dilakukan.

Hal ini dikatakan oleh Muhammad Zuhdi, Kepala Pusat Bahasa UIN Jakarta. Dia mengutarakan, terkait pendirian kursus bahasa Prancis ini, UIN dan IFI harus menandatangani dua dokumen perjanjian kerjasama yaitu, nota kesepakatan serta dokumen yang menyangkut hal-hal teknis pengadaan kursus.

Zuhdi menambahkan, perundingan UIN dengan IFI masih tersangkut beberapa kendala. Salah satunya adalah permasalahan biaya kursus untuk mahasiswa UIN. Pihak UIN, yang dalam hal ini diwakili oleh Pusat Bahasa, sangat berkeinginan untuk meminimalisir biaya kursus untuk mahasiswanya.

“Masih ada beberapa pembicaraan yang harus dilakukan, sehingga belum dapat diinformasikan berapa besar biayanya. Namun, dipastikan harga kursus untuk anak UIN berbeda dengan masyarakat umum,” ujar Zuhdi.

Menurutnya, terpilihnya Pusat Bahasa sebagai lokasi kursus telah menunjukan kontribusi UIN dalam kerjasama ini. Utamanya dalam pengadaan tempat dengan fasilitas laboratorium yang dilengkapi fasilitas audio-visual milik Pusat Bahasa.

Zuhdi juga menjelaskan, bukan hanya permasalahan biaya yang belum rampung, namun kesepakatan tertulis terkait kewajiban kedua belah pihak dalam kerja sama ini juga belum disepakati.

Terkait alotnya perampungan kesepakatan, Zuhdi tetap menargetkan pembukaan kursus pada September 2012. Menurut keterangannya, kursus bahasa Prancis yang akan diadakan IFI di UIN ini akan menghadirkan para pengajar berkualitas yang telah tersertifikasi IFI, baik pengajar Indonesia yang berkemampuan dwibahsa (Indonesia-Prancis) maupun native Prancis.

“Melihat antusisme mahasiswa di acara bertajuk Un Jour En France (Sehari di Prancis) di Auditorium Harun Nasution, Rabu (30/5), saya optimis kursus ini akan segera terrealisasi.  Untuk itu, dengan dibukanya kursus Prancis ini, saya harapkan banyak mahasiswa UIN yang memanfaatkan kesempatan ini,” tegasnya.

Hal senada juga diungkapkan  Elvi Fetrina, Sekertaris Direktur International Office (IO) UIN Jakarta. Ia mengungkapkan, saat ini Pusat Bahasa, yang membawahi kerjasama UIN dengan IFI dalam bidang bahasa, masih menggodok skema teknis yang sistematis untuk penyelenggaran kursus bahasa Prancis di UIN.

Elvi menuturkan, realisasi kerjasama atas nota kesepakatan IFI dan UIN baru dimulai dengan dibukanya kursus Prancis di Pusat Bahasa. Namun, memang hingga saat ini Pusat Bahasa sedang bernegosiasi mengenai implementasi kerjasama itu. “Pengembangan kerjasama ini akan berkembang secara berkelanjutan setelah negosisasi pengadaan kursus ini telah rampung,” tandasnya.

Saat hal ini dikonfirmasi kepada pihak IFI, Ananda Dinanti Mackulau, Penanggung Jawab Media IFI, mengatakan, nota kesepakatan telah ditandangani oleh kedua belah pihak. Untuk itu, masing-masing pihak telah memegang naskah perjanjian, sehingga segala perkembangan kerjasama dapat ditanyakan langsung kepada IO ataupun Pusat Bahasa UIN Jakarta.

Rajif Amar Kahfi, mahasiswa semester 6, Jurusan Hubungan Internasional (HI), Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu Politik (FISIP) menyatakan ketertarikannya terhadap rencana pengadaan kursus bahasa Prancis di Pusat Bahasa. Dia menuturkan,  jika dilihat posisinya sebagai mahasiswa HI, bahasa Prancis memiliki urgensi yang cukup tinggi untuk dikuasai terkait keberadaannya dalam deretan bahasa resmi PBB.

Rajif menambahkan, adanya kursus bahasa Prancis ini sangat membantu dalam memperkaya bahasa yang dikuasai. Sebagai mahasiswa HI, hal ini penting sebab mereka dituntut untuk menguasai sejumlah bahasa. Namun, terkadang keinginan untuk kursus bahasa asing sering terkendala oleh biaya yang sulit dijangkau oleh mahasiswa. Oleh karena itu, ia berharap kursus bahasa Prancis ini mempermudah mahasiswa dengan biaya yang terjangkau.

“Bahasa Perancis merupakan sesuatu yang baru di UIN. Saya berharap hal ini dapat direalisasikan dengan biaya yang terjangkau oleh mahasiswa. Karena dengan begitu, saya rasa bukan tidak mungkin kursus bahasa Prancis di UIN akan diminati oleh mahasiswa,” tuturnya. (Adea Fitriana)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: MoU Kursus IFI-UIN Jakarta Belum Rampung
MoU Kursus IFI-UIN Jakarta Belum Rampung
http://2.bp.blogspot.com/-m4NDg8KmgXI/UPLACOtaAsI/AAAAAAAAAGU/F-MW3WB3wBc/s320/penandatangan+nota+kesepakatan+antara+pihak+uin+jakarta+dengan+institut+francais-indonesia+30-5.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-m4NDg8KmgXI/UPLACOtaAsI/AAAAAAAAAGU/F-MW3WB3wBc/s72-c/penandatangan+nota+kesepakatan+antara+pihak+uin+jakarta+dengan+institut+francais-indonesia+30-5.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/06/mou-kursus-ifi-uin-jakarta-belum-rampung.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/06/mou-kursus-ifi-uin-jakarta-belum-rampung.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago