Archive Pages Design$type=blogging

Linguistik dan Sastra Untuk Semua



 Melihat kondisi Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora (FAH), Bahasa dan Sastra Inggris (BSI) yang kurang memahami Ilmu Lingustik, Hilmi Akmal bersama seorang rekannya berinisiatif membentuk perkumpulan. Perkumpulan ini dibuat khusus untuk mengkaji materi ilmu kebahasaan. Mereka menamakannya Lingustics Club (LC).

Bertempat di Multimedia Language Room, FAH, LC mengadakan perkumpulan untuk pertama kalinya. Tepat pada 9 Juni 2009, Hilmi menetapkannya sebagai hari lahir LC. “Saat itu hadir sekitar 50 mahasiswa dari berbagai jurusan di Adab,” kenang Hilmi yang juga Dosen Linguistik di FAH.

Setelah itu, LC rutin mengadakan kajiannya setiap Rabu. Biasanya Taman Auditorium Prof. Harun Nasution dipilih sebagai tempat mengadakan kajian. Seiring berjalannya waktu, mahasiswa semakin tertarik bergabung dengan perkumpulan yang memiliki logo Burung Kakatua ini. Tak hanya dari FAH, Mahasiswa  Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Bahasa Indonesia pun menjadi anggotanya.

Setahun setelah kelahirannya, komunitas ini menambah bahan kajian. Tidak hanya membahas linguistik, mereka juga membedah sastra, baik sastra Inggris maupun Indonesia. Ini disebabkan atas kesepakatan para anggotanya. Semenjak saat itu, komunitas ini berevolusi menjadi Linguistics and Literature Club (LCC).

Setelah menjadi LCC, komunitas ini memiliki motto Lingua scientia et litera scientia omnibus. Semboyan berbahasa latin ini memiliki arti, Ilmu Bahasa dan Ilmu Sastra untuk Semua Orang. Maksudnya, LCC terbuka lebar untuk siapa saja tanpa peduli latar belakang mereka.

Di Saung Sae ditemani segelas minuman, Hilmi  menjelaskan, di setiap pertemuan ia memilih sistem diskusi serius namun santai. Dengan sistem ini, ia berharap dapat menarik minat mahasiswa untuk diskusi. Menurutnya, kini mahasiswa mulai meninggalkan budaya berdiskusi.

Salah satu anggota, Hamdin, Mahasiswa FAH, Jurusan BSI menuturkan, cara pembelajaran LCC sangat berbeda dengan di kelas. Canda tawa yang diselipkan di sela-sela diskusi, membuatnya merasa nyaman dan tidak jenuh. “Tidak seperti di kelas, ada batas antara dosen dan mahasiswa, ya enjoy aja,” ucapnya, Selasa (12/6).

Meski baru 3 tahun hadir sebagai komunitas, LCC telah mampu menoreh prestasi. Di akhir 2010, saat Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) mengumpulkan komunitas pecinta sastra, puisi  karya LCC berhasil terpilih untuk dimuat dalam sebuah buku. Buku tersebut berjudul Empat Amanat Hujan dan diterbitan oleh DKJ kepustakaan. Populer Gramedia pun turut mempublikasikannya. (Siti Ulfah Nurjanah)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Linguistik dan Sastra Untuk Semua
Linguistik dan Sastra Untuk Semua
http://4.bp.blogspot.com/-1-wvx0pW3N4/UPUeINjMWRI/AAAAAAAAAW0/_xrTTen-i4A/s400/logo+komunitas+linguistik+and+literature+club+lcc.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-1-wvx0pW3N4/UPUeINjMWRI/AAAAAAAAAW0/_xrTTen-i4A/s72-c/logo+komunitas+linguistik+and+literature+club+lcc.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/06/linguistik-dan-sastra-untuk-semua.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/06/linguistik-dan-sastra-untuk-semua.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago