Archive Pages Design$type=blogging

Kewaspadaan Warga ASPA Kurang

Pencurian laptop kembali menimpa warga ASPA. Penyebabnya karena keteledoran dan kelalaian mereka. “Insiden ini, kerap terjadi di saat akhir tahun atau perpindahan asrama,” papar salah satu korban, Afief  Rafiudin, mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), Senin (17/6).

Peristiwa pencurian tersebut juga disebabkan karena momentum perpindahan asrama merupakan masa genting bagi warga ASPA yang pindah. Sebab menurut Afief, mereka membutuhkan uang untuk membayar kosan. “Waktu pertama masuk asrama aman-aman aja, giliran mau keluar dari ASPA,  banyak yang hilang,” ungkapnya Sabtu (23/6).

Meskipun berada dalam satu asrama, bagi Afief, bukan jaminan untuk terhindar dari pencurian tersebut. Di saat peristiwa itu terjadi, ia berada di luar asrama, “ Pas magrib saya ngecek lemari, laptop sama chargeran udah hilang,” katanya.

Ia melanjutkan, pencurian laptop bukanlah sesuatu yang baru di ASPA, Sebab sejak tahun kemarin insiden ini sudah sering terjadi. Hal itu diperparah dengan kurangnya rasa persaudaraan dan pertemanan di antara sesama warga. “Biasanya pelaku pencurian berasal dari orang dalam,” tandasnya.

Selama ini, peran satuan pengamanan (satpam) sudah cukup maksimal. Ia berharap, agar di tahun yang akan datang, peristiwa pencurian laptop tidak kembali terulang. Selain itu, ia juga berharap agar warga ASPA turut menjaga laptop mereka masing-masing, “Jangan hanya mengandalkan satpam,” ujarnya.

Sementara itu Iwan, salah satu satpam ASPA mengatakan, seluruh warga dihimbau untuk selalu waspada dan menjaga semua barang-barangnya. Sebab, kapasitas satpam tidak mencukupi, baik secara kuantitas personil maupun dalam hal pembatasan pengontrolan, Jumat (22/6).

Ia mengatakan, pengamanan dilakukan selama 24 jam. terlebih jika ada kegiatan seminar atau pertemuan, maka pengontrolan semakin diperketat. “Pengamanan tak hanya dilakukan oleh satpam, tapi juga melibatkan cleaning service,” katanya.

Dalam masalah ini, satpam cukup kesulitan untuk mengungkap kasus pencurian. Sebab, tersangka pencurian bukan hanya berasal dari dari satu kamar saja, tapi juga dari kamar lain. Oleh karena itu, ia sudah mengingatkan kepada seluruh warga ASPA, agar selalu berhati-hati jika menemukan warga dari kamar lain.

Terkait barang yang hilang, satpam dan Dewan Pengurus Asrama (DPA) tidak bertangggung jawab untuk menggantinya, karena sejak awal warga ASPA sudah diperingatkan untuk tidak membawa barang-barang berharga ke dalam ASPA.

Ia menjelaskan, ketiadaan Camera Closed Circuit Television (CCTV) dan kurangnya personil satpam akan berpotensi terulangnya pencurian. “Saya butuh CCTV untuk menimalisir pencurian di ASPA.” Ujar satpam yang berkumis tebal itu. (Muawamman Daelami)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Kewaspadaan Warga ASPA Kurang
Kewaspadaan Warga ASPA Kurang
http://4.bp.blogspot.com/-B5-W1smWHC8/UPF0xJKI8MI/AAAAAAAAACI/5YPhGK1WPcs/s320/Gedung+(A)+ASPA,++tempat+di+mana+kamar+Afief+Rafiudin+berada,+Minggu+(176)..JPG
http://4.bp.blogspot.com/-B5-W1smWHC8/UPF0xJKI8MI/AAAAAAAAACI/5YPhGK1WPcs/s72-c/Gedung+(A)+ASPA,++tempat+di+mana+kamar+Afief+Rafiudin+berada,+Minggu+(176)..JPG
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/06/kewaspadaan-warga-aspa-kurang.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/06/kewaspadaan-warga-aspa-kurang.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago