Archive Pages Design$type=blogging

Kesmas UIN Minim DosenTetap


Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) jurusan Kesehatan Masyarakat (Kesmas) UIN Jakarta Syarif Hidayatullah, di dalam buku pedoman akademik 2011/2012 memiliki tenaga pengajar di bidang Kesehatan masyarakat sekitar 13 dosen tetap. Hal ini sangat tidak sebanding dengan jumlah mahasiswa atau mahasiswi yang berjumlah 390 lebih.

Hal ini dirasakan oleh Vela Zaki Safitri jurusan Kesmas semester dua, ia mengatakan, “Saya rasa sih dosen pengajar Kesmas masih kurang, karena yang seharusnya hari sabtu saya libur, tetapi saya masuk untuk kuliah,” ujarnya.

Safitri menjelaskanhal ini terjadi karena dosen tetap yang mengajar sedikit, kebanyakan tenaga pengajar didatangkan dari universitas lain, sehingga jadwal matakuliah banyak yang diubah menyesuaikan jadwal dosen tidak tetap atau dosen tamu itu.

Hal senada juga dikatakan oleh Tribayu Purnama, mahasiswa FKIK jurusan Kesmas semester empat, ia mengatakan, “Dosen tetap yang sudah PNS sekitar 12 orang, tetapi ada dosen tamujugayang mengajar di Kesmas,dosen tersebut dari universitas lain,” jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Yuli Prapancha Satar, Ketua Prodi Kesmas menjelaskan, “Jadwal yang berubah tergantung dari dosennya sendiri, jika dosen tetap tidak bisa mengajar atau malas mengajar, maka jadwal matakuliah akan berubah. Begitupun dosen tamu, jika rajin tentu tidak banyak mengubah jadwal, tergantung komitmen dosennya,” jelasnya.


Ia menambahkan, untuk tahun ini dosen tetap Kesmas sudah bertambah dari tahun yang sebelumnya, tetapi yang mengajar di Kesmas ada dosen kontrak dan dosen tamu,sehingga bisa menutupi kekurangan dosen tetap.Menurutnya, untuk mencari tenaga pengajar di bidang Kesmas memang mengalami kesulitan, salah satu faktornya adalah daya saing yang tinggi dalam mengangkat dosen tetap.

“Dalam perekrutan tenaga pengajar Kesmas,kita (UIN) tidak kompetitif karena kita hanya menawarkan gaji saja, sedangkan kampus lain seperti di daerah harus menggaji kurang lebih 25 juta per bulan dan menyediakan fasilitas berupa mobil dinas.” Ujarnya.

Kesulitan lainnya, jika kita memakai dosen tetap biasanya dosen tersebut masih junior, sehingga pengalaman dalam mengajarnya kurang dan kompetensi dosen dalam kemampuan, pengetahuan, dan masa kerjanya kurang.

Yuli juga menambahkan, “Maka, untuk saat ini kami membuka pendaftaran tenaga pengajar di bidang Kesmas.” Walaupun yang mengangkat dosen PNS itu bagian dari Departemen Agama, prodi Kesmas juga terus berupaya meminta penambahan dosen tetap kepada bagian recruitment UIN.

Menurut Achmad Gholib, Pembantu Dekan (Pudek) Bidang Kemahasiswaan mengatakan, pengangkatan dosen PNS (tetap) itu memang sulit, untuk itu saat ini memang sedang berupaya mengangkat dosen kontrak (honorer) menjadi dosen tetap (PNS). (Adi Nugroho)


COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Kesmas UIN Minim DosenTetap
Kesmas UIN Minim DosenTetap
http://4.bp.blogspot.com/-_RntQQg7z4g/UPe4rMsLVTI/AAAAAAAAApE/4rAhM3pjtRY/s400/Aaggrrhh002.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-_RntQQg7z4g/UPe4rMsLVTI/AAAAAAAAApE/4rAhM3pjtRY/s72-c/Aaggrrhh002.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/06/kesmas-uin-minim-dosentetap.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/06/kesmas-uin-minim-dosentetap.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago