Archive Pages Design$type=blogging

Kerasnya Wilayah Alam Perbatasan

Penulis : Akmal Nasery Basral
Penerbit : Qanita
Isi : 322 Halaman; 13 x 20 cm
Terbit : Mei 2011
ISBN : 978-602-8579-91-9

Semua orang punya batasan dirinya masing-masing. Seperti terlihat pada edar matahari, kapan dia harus muncul untuk menerangi bumi dan kapan dia harus tenggelam untuk memberi ruang kepada malam. Tujuannya agar manusia mampu membedakan antara hal terang untuk saling mengenal dan hal gelap untuk saling direnungkan. Ini batas yang telah diatur oleh siklus alam, batas keberlangsungan kehidupan.

Begitulah kalimat yang diucapkan Panglima Adayak untuk direnungkan oleh Jaleswari dari skenario film ‘Batas’ yang dialihwahanakan oleh Akmal N. Basral. Akmal yang sudah ketiga kalinya menulis novel dari sebuah skenario film melakukan pendekatan kreatif yang berbeda, baik dari sisi angle penceritaan, maupun pengolahan bahan supaya film dan novel saling melengkapi, bukan sekadar pengulangan cerita. Baik dalam novel Nagabonar Jadi 2 (skenario oleh Musfar Yasin) maupun Sang Pencerah (skenario Hanung Bramantyo).

Novel ini berkisahkan tentang keadaan sebuah dusun yang bernama Ponti Tembawang di daratan Kalimatan yang berbatasan langsung dengan wilayah Serawak, Malaysia.  Kehidupan di dusun yang begitu kental dengan kebudayaan masyarakat Dayak menjadi setting utama.

Cerita ini bermula ketika keberangkatan Jaleswari menuju Pontianak untuk menjalankan tugas kantornya memperbaiki kinerja program Corporate Social Responsibility (CSR) bidang pendidikan yang terputus tanpa adanya kejelasan. Sesampainya di sana, tak seperti yang ia bayangkan, kerasnya kehidupan perbatasan antar negara, minimnya edukasi dan nasionalisme, serta permasalahan human trafficking merupakan konflik batin yang ia dapati.

Borneo salah seorang anak Dayak yang bercita-cita ingin menjadi presiden harus menyimpan dalam-dalamnya mimpinya tersebut. Tidak ada guru yang akan mengajarnya lagi karena Adeus (satu-satunya pendidik) berniat untuk mengundurkan diri.

Alasan Adeus tidak ingin lagi mengajar karena ia merasa suasana daerah perbatasan sangat berbeda. Di Malaysia, segala pelayanan publik dapat dinikmati dibandingkan dengan dusunnya saat ini. Masyarakat di sana lebih memilih untuk berladang dan memburu, karenanya siswa di sekolah itu dapat dihitung hanya dengan sebelah tangan.

Tak dapat dipungkiri, rasa nasionalisme mereka kurang karena tidak ada pengetahuan untuk hal itu. Mereka tidak tahu bagaimana cara memasang bendera Merah Putih, kapan saja waktu yang digunakan untuk pemasangan itu, menyanyikan lagu-lagu nasional, namun yang mereka ketahui adalah kidung populer milik negara Malaysia.

Novel ini membuka nurani kita bahwa di pelosok dusun-dusun perbatasan masih ada sepenggal kehidupan yang tak pernah terjamah oleh tangan-tangan metropolitan. Anak dusun yang tak pernah menghilangkan budaya demi baktinya terhadap leluhur.

Selain itu, novel ini dapat membangun semangat belajar terhadap diri kita karena di kota metropolitan kita dapat merasakan mudahnya mendapat pengetahuan dan mempertahankan nilai keluhuran dengan tetap membudayakan budaya. Namun, dalam penulisan masih banyak bahasa daerah yang sulit dipahami. (Gita Nawangsari E.P)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Kerasnya Wilayah Alam Perbatasan
Kerasnya Wilayah Alam Perbatasan
https://2.bp.blogspot.com/-0lQf3tFphx4/UPUCAleG-sI/AAAAAAAAANk/OWf9EF481HM/s400/wilayah+perbatasan.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-0lQf3tFphx4/UPUCAleG-sI/AAAAAAAAANk/OWf9EF481HM/s72-c/wilayah+perbatasan.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/06/kerasnya-wilayah-alam-perbatasan.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/06/kerasnya-wilayah-alam-perbatasan.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago