Archive Pages Design$type=blogging

Green With Batik, Menjaga Kelestarian Alam

Peserta workshop membatik bersama di pendopo Museum Tekstil Jakarta, Sabtu (2/6).
Proses membatik itu sama seperti jalan hidup. Kehidupan dimulai dari selembar kain putih yang bersih tanpa noda. Kemudian terukirlah kisah-kisah hidup pada kain putih, terlukiskan dengan segenap hati dan memberi warna. Sama halnya dengan kain batik yang memiliki beragam motif, beda pula makna kehidupan seseorang.

Seperti yang diungkapkan Sofitri Shaliha Pulungan, salah satu pembicara dalam acara Green With Batik yang berlangsung di Museum Tekstil, Sabtu 2 Juni lalu. Di tengah acara workshop yang dihadiri peserta dari berbagai kalangan ini, Sofitri menjelaskan kekagumannya pada batik yang membuat ia kembali ke tanah air setelah lama tinggal di Australia.

Kekaguman Sofitri pada batik dikarenakan keindahan motif batik yang penuh makna tentang kehidupan. Seluruh peserta workshop pun dibuat kagum oleh penjelasan Sofitri tentang keistimewaan batik dan betapa mempesonanya batik nusantara.

Setelah penjelasan sekilas tentang batik di nusantara, peserta disuguhkan materi utama dalam acara workshop ini. Yaitu, batik ramah lingkungan. Batik ramah lingkungan adalah batik yang diproduksi dengan menggunakan zat pewarna alami. Proses produksinya juga memerhatikan dampak terhadap lingkungan sekitar dan mengefisiensi penggunaan energi serta sumber daya bahan baku.

Pembicara selanjutnya Yuanita Suryadini, salah salah satu pimpinan Clean Batik Initiative (CBI). Ia berbicara tentang pentingnya batik ramah lingkungan. Yuanita menjelaskan bahwa dulu nenek moyang bangsa kita merupakan bangsa yang menjunjung tinggi kearifan lokal dan kelestarian alam.

Begitu pula dengan pembuatan batik, jangan sampai dalam produksi batik menimbulkan dampak buruk pada lingkungan. Sehingga dapat berpegang teguh pada prinsip kelestarian alam. Menurut Yuanita, kita masih bisa melestarikan batik dengan cara modern yang masih berpegang teguh pada prinsip kelestarian alam yang kita miliki.

Pada kenyataanya, proses pewarnaan batik yang digunakan oleh sebagian besar produsen batik di Jawa, masih menggunakan zat kimia berbahaya. Limbah pembuangan airnya juga belum dikelola dengan baik, karena tidak adanya tempat pembuangan yang disediakan.

Selain meteri dari para pembicara, peserta workshop juga disugguhkan video yang ditampilkan Yuanita. Video tersebut menceritakan pengrajin batik di Jawa yang belum memperhatikan dampak produksinya pada lingkungan sekitar. Kemudian, peserta dapat mengetahui bahwa dampak yang terjadi dari proses produksi batik pada lingkungan tidaklah kecil.

Video itu menggambarkan saluran air di sekitar pabrik, yang sudah tercemar oleh zat kimia berbahaya akibat  pewarna batik. Jika tidak ditanggulangi, ini dapat menyebabkan sumber air minum warga juga akan tercemar.

Memupuk kesadaran peserta inilah yang menjadi tujuan diadakannya workshop Green with Batik yang diseleggarakan oleh kepanitian GreenPChallange. Seperti yang dikatakan Noviarani, salah satu anggota kepanitian GreenPChallange. (Nida Ilyas)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Green With Batik, Menjaga Kelestarian Alam
Green With Batik, Menjaga Kelestarian Alam
http://1.bp.blogspot.com/-BGST7OxJ_Tc/UPub5AVjUDI/AAAAAAAABI0/-2asUtZlA3Y/s400/green+with+batik.JPG
http://1.bp.blogspot.com/-BGST7OxJ_Tc/UPub5AVjUDI/AAAAAAAABI0/-2asUtZlA3Y/s72-c/green+with+batik.JPG
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/06/green-with-batik-menjaga-kelestarian.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/06/green-with-batik-menjaga-kelestarian.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago