Archive Pages Design$type=blogging

Bergerak Melalui Mimpi dan Menembus Dunia Batin




Penulis      : Bahril Hidayat Lubis
Penerbit      : Zikrul Hakim (Anggota IKAPI)
Tebal buku  : 160 Halaman, uk. 14 x 20 cm
Cetakan I    : Rabiul Akhir 1428 H / Mei 2007
ISBN          : 978-979-26-2270-6

Dalam psikologi Barat, mimpi selalu dikaitkan dengan dunia ketidaksadaran karena mimpi tidak melibatkan pemantauan dan pengendalian diri sendiri dan lingkungan. Dalam mimpi, individu tidak memiliki kesiagaan terhadap stimulan eksternal dan internal. Mimpi datang dan pergi begitu saja, tanpa adanya kreasi dan pengaturan dari pemimpi. Sigmund Freud, misalnya, melihat mimpi sebagai “via regia,” yaitu jalan utama yang menghantarkan ke arah ketidaksadaran. Ia merupakan produk psikis yang merupakan konflik-konflik daya psikis.


Itulah kata pengantar dalam buku Aku Sadar Aku Gila. Buku yang menjelaskan memoar seorang penderita psikosis yang sembuh melalui mimpi dan surat Ar-rahman. Dimana psikosis adalah penyakit yang ditandai oleh terpecahnya kepribadian, halusinasi (persepsi yang keliru), dan delusi (keyakinan yang keliru).


Bagi sebagian orang, mungkin psikosis adalah gangguan jiwa yang dialami oleh seseorang yang sulit untuk disembuhkan. Tetapi disini penulis mengajak kepada para pembaca betapa benarnya kalimah Allah “ Kun Fayakun.” Allah sungguh kuasa mengubah keburukan menjadi kebaikan. Dalam bukunya penulis menceritakan, bagaimana dirinya bisa menjadi seorang psikis hingga dapat tersembuhkan oleh pengalaman spritualnya.


Dalam kisahnya penulis menceritakan.Semasa kecilnya hidup dengan keadaan berkecukupan. Sampai ia menginjak masa remajanya dan harus mencicipi kehidupan yang hitam, selalu bergulat dengan narkoba sehingga berefek terhadap kepribadiannya. Dua hal yang menjadi ciri khasnya yaitu, sangat tempramental dan agresif.


Suatu ketika ia mengalami kegelisahan, ketakutan, ketidaktenangan, kemarahan, dan kebencian yang mendalam telah mengakibatkan perangkat tubuhnya kacau. Itulah di mana penyakit psikosisnya mulai menyerang.


Saat ia diberi kesempatan oleh Haekal sahabatnya untuk memperbaiki diri di rumahnya, namun ia tetap mengonsumsi alkohol. Itulah di mana ia mendapatkan mimpi yang aneh. Dalam buku ini penulis menganalogikan mimpinya dengan air sebagai sumber kehidupan makhluk hidup (manusia) dan ia telah kehilangan air itu dalam kehidupannya. Setelah ia terbangun dengan tetap merasa haus. Untuk ketiga kalinya ia menemukan mimpi yang sama, ia sadar telah mendapat teguran dari Allah Swt.


Dalam bukunya, penulis banyak menyisipkan kata-kata motivasi dan memberikan pencerahan kepada pembacanya.Tujuannyatak lain adalah menyelamatkan jiwa kita dari gelombang nafsu, keserakahan, kesombongan, kemunafikan, dan kefasikan dalam mengarungi samudra spiritual yang teramat luas.


Selain nilai-nilai moral yang terkandung di setiap bab dalam bukunya. Penulis juga menyadarkan kepada para pembaca, betapa harus berhati-hatinya kita agar tidak menjatuhkan vonis kepada seseorang berdasarkan perilakunya di masa lalu.


Buku karya Bahril ini tidak terlalu tebal, bahasanya pun mudah dimengerti. Di setiap bab selalu disisipkan puisi, mungkin penulis menganalogikan dengan sesuatu  makna yang mudah diserap oleh para pembaca. Selain itu buku ini berdasarkan ayat suci Alquran.


Buku ini sangat cocok untuk semua kalangan, agar semua orang mengerti bahwa mimpinya itu benar dan baik, tergantung bagaimana seseorang itu senantiasa menjaga perilaku yang berakhlak baik, berusaha menjaga wudhu, berusaha istiqamah mempertahankan taubat, dan tidak pernah lupa berzikir.(Nurlaela)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Bergerak Melalui Mimpi dan Menembus Dunia Batin
Bergerak Melalui Mimpi dan Menembus Dunia Batin
http://4.bp.blogspot.com/-0GASsyCy-vs/UPwxjYWB6yI/AAAAAAAABWM/WnZ5pKHj23w/s400/Untitled.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-0GASsyCy-vs/UPwxjYWB6yI/AAAAAAAABWM/WnZ5pKHj23w/s72-c/Untitled.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/06/bergerak-melalui-mimpi-dan-menembus.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/06/bergerak-melalui-mimpi-dan-menembus.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago