Archive Pages Design$type=blogging

50 tahun Sri Warsono dalam Abstrakisme



Jakarta, INSTITUT- Sri Warsono Wahono, menggelar pameran lukisan tunggal retrospektif di Galeri Cipta II, Taman Ismail Marzuki. Pameran retrospektif  yang diselenggarakan 16-28 Juni ini mengusung tema “Komposisi 50”, pertanda waktu perjalanan karier melukisnya yang sudah 50 tahun, sejak tahun 1962 sampai 2012.

Dalam pameran tersebut, pengunjung diajak untuk melihat perjalanan hidup seorang Sri Warsono Wahono, pelukis beraliran abstrakisme. Pameran lukisan ini juga menampilkan gambar tempat-tempat saat ia melalang buana ke Paris, Amsterdam, dan Brussel.

Selain itu, di pameran tersebut Sri Warsono banyak menampilkan lukisan abstrak dengan objek ikan dan wanita. Menurutnya, ikan itu binatang yang lemah lembut. Di Alquran, Bibel, dan Taurat, ikan banyak disebutkan. Ikan itu binatang yang dikasihi Allah sebagai simbol-simbol tertentu dalam kehidupan agar manusia mencontoh ikan.

Sedangkan wanita adalah orang yang melahirkan kita, harus dihormati. “Saya menghormati wanita dengan cara melukis, wanita dengan keluguannya, wanita sedang panen ikan, wanita sedang bekerja,” ungkap Sri.

Awal perjalanan kariernya, Sri Warsono beraliran naturalisme tapi lambat laun berubah menjadi abstrakisme. “Awalnya itu saya dibimbing oleh orang-orang otodidak yang menyukai dan menghargai alam secara utuh dan natural, saya dianjurkan guru-guru saya melukis gunung, di sana ada keindahan,” jelasnya. Namun, setelah ia masuk perguruan tinggi dan banyak memperoleh teori seni tentang komposisi, harmoni, dan keseimbangan, ia mulai beralih ke aliran abstrakisme.

Di samping itu Sri Warsono juga menghadirkan tema-tema politik. Iwan Kustiawan, salah satu penikmat lukisan, berceloteh bahwa banyak karya Sri Warsono Wahono yang memang sesuai realita. Menurutnya, ada beberapa lukisan yang menggambarkan suasana masyarakat sekarang, rakyat hanya bisa melihat pemimpinnya tidak berdaya merawat ibu pertiwi.

Tambahnya lagi, ia menyukai lukisan yang dapat berbicara. “Misalnya seperti lukisan seorang perempuan yang terbaring, saya melihat perempuan itu sedang sakit dan sedang dikerubungi banyak orang,” ujar Iwan. (Anastasia Tovita)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: 50 tahun Sri Warsono dalam Abstrakisme
50 tahun Sri Warsono dalam Abstrakisme
http://4.bp.blogspot.com/-0CFBRMZQILc/UPf2k73uitI/AAAAAAAAA0s/-mI0eYchtJY/s400/salah+satu+lukisan+abstrak+tentang+seorang+perempuan+yang+terbaring+sakit+dan+dikerubungi+orang-orang.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-0CFBRMZQILc/UPf2k73uitI/AAAAAAAAA0s/-mI0eYchtJY/s72-c/salah+satu+lukisan+abstrak+tentang+seorang+perempuan+yang+terbaring+sakit+dan+dikerubungi+orang-orang.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/06/50-tahun-sri-warsono-dalam-abstrakisme.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/06/50-tahun-sri-warsono-dalam-abstrakisme.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago